PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI INDEKS CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) DI KELAS V SD NEGERI RAPAMBINOPOKA DESA LALOMBODA KEC.LALONGGASUMEETO KAB. KONAWE

RUSLAN, NIM : 20100107-00808 (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI INDEKS CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) DI KELAS V SD NEGERI RAPAMBINOPOKA DESA LALOMBODA KEC.LALONGGASUMEETO KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.docx

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK RUSLAN , NIM.20100107-00808, Peningkatkan Hasil Belajar Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Indeks Card Match di Kelas V SD Negeri Rapambinopaka Desa Lalombonda Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe (dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA) Salah satu profesionalisme yang tarus dimiliki oleh guru khususnya dalam proses pembelajaran adalah menciptakan suasana permbelajaran yang menyenangkan yang melibatkan keterlibatan aktif dari siswa. Untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif, maka dibutuhkan strategi pembelajaran yang mampu menjadikan siswa untuk berpastisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu guru dituntut untuk mampu menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, salah satunya yaitu dengan menggunakan strategi indeks card match. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah strategi indeks card match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di kelas V SD Negeri Rapambinopoka Desa Lalomboda Kec.Lalonggasumeeto Kab. Konawe dengan tujuan memperoleh data sejauh mana strategi indeks card match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Negeri Rapambinopoka Desa Lalomboda Kec.Lalonggasumeeto. Penelitia ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dicirikan dengan istilah siklus. Peneliti berperan sebagai guru yang menerapkan secara langsung strategi indeks card match. Hasil penelitin menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama persentase aktivitas siswa yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif sebesar 58% dan siswa yang berada pada kategori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 42%. kemudian pad pertemuan ke dua mengalami peningkatan dimana siswa yang sangat aktif dan aktif sebesar 76% sedangkan untuk siswa yang masuk dalam ketegori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 24%. Pada siklus II pertemuan pertama siswa yang berada pada kategori sangat aktif dan aktif sebesar 82% dan siswa yang berada pada karegori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 18%. Kemudian pada pertemuan ke dua kategori siswa yang sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 94% dan siswa yang berada pada karegori cukup aktif hanya 6%. Sedangkan hasil belajar siswa manunjukkan bahwa siswa yang tuntas kegiatan pembelajarannya pada siklus I sebanyak 12 orang atau 71% dan siswa yang tidak tuntas kegiatan pembelajarannya sebanyak 5 orang atau 29%. Kemudian hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan pada siklus II dimana siswa yang tuntas kegiatan pembelajarannya sebanyak 15 orang atau 88% dan siswa yang tidak tuntas kegiatan pembelajarannya sebanyak 2 orang atau 12%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA
Uncontrolled Keywords: Indeks Card Match, Strategi Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:47
Last Modified: 02 Jul 2018 03:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item View Item