IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI 3 KOLAKA UTARA

RASMANG, NIM. 15040201015 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI 3 KOLAKA UTARA. Diploma thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.docx

Download (512kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (118kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (57kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK RASMANG, 2017: “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Negeri 3 Kolaka Utara (Survey Tahun 2017)”, Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Kendari. Pembimbing 1, Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I, pembimbing II, Dr. Abdul Kadir, M.Pd, Fokus masalah dalam penelitian ini adalah pada aspek Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MTs Negeri 3 Kolaka Utara, menganalisis pesepsi guru mata pelajaran PAI Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di MTs Negeri 3 Kolaka Utara dan kendala-kendala yang ditemui dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di MTs Negeri 3 Kolaka Utara serta upaya untuk mengatasinya. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang ada di MTs Negeri 3 Kolaka Utara. Uji Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, tringulasi, analisis kasus negatif, diskusi dengan teman sejawat dan member chek. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, analisis data dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kurikulum 2013 di MTs Negeri 3 Kolaka Utara telah dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi / penilaian. Pada tahapan implementasi, kurikulum 2013 dilaksanakan melalui pendekatan scientific dan model-model pembelajaran pada setiap mata pelajaran PAI. Melalui Tahapan 5 M (mengamati, menanya, mengassosiasi, mencoba dan mengomunikasikan) dan model pembelajaran project basic learning, problem basic learning dan inquiry/discovery membuat pembelajaran PAI semakin ilmiah, mandiri, dan menyenangkan. Pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru akan tatapi lebih berpusat pada peserta didik. Lain halnya dengan persepsi guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, sebahagian berpendapat bahwa kurikulum 2013 sangat rumit diterapkan pada jenjang yang setara dengan Madrasah Tsanawiyah, namun sebagian berpandangan bahwa kurikulum tesersbut justru memberikan panduan secara lengkap pada saat mengajar sebab telah direkomndasikan penggunaan intrumen pembelajaran yang sempurna. Namun demikian, dalam penerapan kurikulum 2013 tidak sedikit kendala-kendala yang ditemui, baik dalam bentuk sarana dan prasarana maupun pada aspek sumber daya manusia, khususnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dan penggunaan intrumen-istrumen penilaian yang selalu berobah dari masa ke masa. Oleh karena itu solusi yang harus ditempuh untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah melakukan penguatan pengetahuan bagi tenaga pendidik melalui workshop, pelatihan, dan pendampingan kurikulum 2013 secara berkala dan pemanfaatan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk melakukan pertemuan-pertemuan ilmiah antara guru mata pelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.PdI DAN DR. Abdul Kadir, M.Pd
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Aug 2018 01:40
Last Modified: 23 Aug 2018 01:40
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item