ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN DI SMA NEGERI 2 KENDARI KELURAHAN RAHANDOUNA KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI (Studi Pada Pembentukan Karakter Disiplin Siswa) SKRIPSI

MUHAMMAD ASNUN, NIM. 12 01 01 01 049 (2016) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN DI SMA NEGERI 2 KENDARI KELURAHAN RAHANDOUNA KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI (Studi Pada Pembentukan Karakter Disiplin Siswa) SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Asnun, NIM: 12010101049, Judul: “Analisis Nilai pendidikan Karakter Yang Dikembengkan di SMA Negeri 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari (Studi Pada Pembentukan Karakter Disiplin Siswa)” (Dosen Pembimbing Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd) Penelitian ini adalah penelitiaan kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan nilai pendidikan karakter yang dikembengkan di SMA Negeri 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari (studi pada pembentukan karakter disiplin siswa). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Kendari? 2) Apa saja Faktor yang melatar belakangi pemilihan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Kendari? 3) Bagaimana karakter siswa SMA Negeri 2 Kendari dalam perspektif nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan? 4) Bagaimana strategi Implementasi nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Kendari? adapun Penelitian ini dilaksanakan selama 4 (empat) bulan sejak bulan Mei hingga Agustus 2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, wakasek sarana dan prasarana, guru, satpam dan siswa SMA Negeri 2 Kendari. Analisis data menggunakan model analisis miles dan huberman (1992) yang terdiri atas empat tahapan penting yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidkan karakter yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Kendari meliputi nilai pendidikan karakter disiplin. 2) Adapun faktor yang melatar belakangi pemilihan nilai pendidikan karakter disiplin adalah dengan disiplin maka akan terlahir nilai-nilai pendidikan karakter lainnya yang meliputi nilai pendidikan karakter peduli lingkungan, tanggung jawab dan semangat kebangsaan. 3) karakter siswa dalam perspektif nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Kendari dikategorikan telah disiplin. Indikator dari hal ini dapat dilihat dari ketapatan waktu siswa ketika datang di sekolah, mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh guru, mentaati tata tertib sekolah dan disiplin waktu belajar. 4) Strategi implementasi nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Kendari melalui integrasi dalam mata pelajaran, kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar, dan kegiatan ekstra kurikuler

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.AMBAR SRI LESTARI, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KARAKTER,
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Sep 2017 00:26
Last Modified: 07 Sep 2017 00:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item