PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK BATUPOARO KOTA BAUBAU Skripsi

NURSARIFAH AGE, NIM. 14010101043 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK BATUPOARO KOTA BAUBAU Skripsi. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

ABSTRAK Nursarifah Age, NIM. 140101001043. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam dengan Kertas pada Anak Kelompok B TK Batupoaro Kota Baubau. (Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA.) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B masih memerlukan banyak stimulasi yang diberikan khususnya pada Kemampuan motorik halus. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Batupoaro Kota Baubau melalui kegiatan menganyam dengan menggunakan media kertas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam dengan kertas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebelum diadakan penelitian tindakan kelas, kemampuan motorik halus anak hanya sebesar 52,78%. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas melalui kegiatan menganyam dengan kertas terlihat peningkatan kemampuan motorik halus anak di setiap siklusnya. Pada siklus I, kemampuan motorik halus anak meningkat sebesar 20,06% dari sebelum diberi tindakan menjadi 72,84% dan kembali mengalami peningkatan sebesar 7,72% pada siklus II menjadi 80,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menganyam dengan kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B TK Batupoaro Kota Baubau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. FATIMAH KADIR, MA
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK, MENGANYAM MENGANYAM KERTAS
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Sep 2017 00:48
Last Modified: 07 Sep 2017 00:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item