PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK KELAS V MI AR-RAHMAN SINDANGKASIH KEC. RANOMEETO BARAT KAB. KONSEL

DENI MULYANA, NIM : 10 01 01 01 007 (2016) PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK KELAS V MI AR-RAHMAN SINDANGKASIH KEC. RANOMEETO BARAT KAB. KONSEL. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK DENI MULYANA, Penerapan Metode Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI Ar-Rahman Sindangkasih Kec. Ranomeeto Barat Kab. Konawe Selatan, Pembimbing (1) Drs. H. Pairin, M.A, (2) St. Aisyah Mu’min, M.Pd.I. Penelitian ini berisi tentang Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Pendekatan Group Investigation Pada Murid Kelas V MI Ar-Rahman Sindangkasih Konawe Selatan. Kajiannya dilatar belakangi rendahnya nilai murid kelas V pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Apakah pendekatan Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada murid kelas V MI Ar-Rahman Sindangkasih Konawe Selatan?” Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Ar-Rahman Sindangkasih Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini disetting dalam 2 siklus, pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri, berkolaborasi dengan guru yang ada di sekolah yang bertindak sebagai observer. Objek penelitian adalah murid kelas V MI Ar-Rahman Sindangkasih yang berjumlah 20 murid. Dari data penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian tindakan kelas ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa Setelah diadakan penelitian dengan metode Group Investigation dapat diketahui dari hasil tes pada siklus I, dan siklus II yang selalu terjadi peningkatan. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 7.0 dengan ketuntasan belajar 50%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 81.65 dengan ketuntasan belajar 95% merupakan nilai dalam kategori baik dan telah mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 69,94. Hasil yang dicapai pada siklus II merupakan bukti bahwa pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada murid kelas V MI Ar-Rahman Sindangkasih Konawe Selatan. Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dengan metode Group Investigation pada kelas V MI Ar-Rahman Sindangkasih Konawe Selatan dapat meningkatkan aktifitas belajar murid. Hal ini ditandai dengan rata-rata aktifitas belajar murid 1,95 dengan kategori kurang baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,31 dengan kategori Cukup baik, juga antusias murid dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran Akidah Akhlak pada materi pokok mengenal hari yang dijanjikan, sehingga materi pembelajaran dapat dikuasai oleh murid, serta suasana pembelajaran Akidah Akhlak menjadi semakin menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ) Drs. H. Pairin, M.A, St. Aisyah Mu’min, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Belajar, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak dan Model Pembelajaran Kooperatif
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:34
Last Modified: 10 Sep 2018 01:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item View Item