PERBANDINGAN HASIL BELAJARPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA SMA NEGERI 1 KOLAKA

SITTI ASMAWATI, NIM. 16040202008 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJARPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA SMA NEGERI 1 KOLAKA. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SITTI ASMAWATI, 2018, 16040202008, Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Langsung pada Siswa SMA Negeri 1 Kolaka, Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kendari. Pembimbing I, Prof. Dr. Jafar Ahiri, M.Pd. Pembimbing II Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung, 3) Perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw dan yang mengunakan model pembelajaran langsung, 4) Perbedaan hasil belajar afektif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw dan yang mengunakan model pembelajaran langsung, 5) Perbedaan hasil belajar psikomotorik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw dan yang mengunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kolaka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kolaka. Populasi penelitian adalah kelas X, sampel ditetapkan dengan teknik purpossive random sampling yaitu memilih dua kelas masing-masing kelas X1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif, kuesioner afektif dan kuesioner psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan t-test pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw sebesar 26,47%, aspek afektif sebesar 58,83 % dan aspek psikomotorik sebesar 57,58%, 2) Hasil belajar aspek kognitif peserta didik menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 48,48%, aspek afektif dengan persentase 42,42% dan aspek psikomotorik dengan persentase 36,36% dengan kategori diatas rata-rata, 3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif secara signifikan peserta didik yang menggunakan model pembelajar tipe jigsaw dan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kolaka dengan nilai signifikansi kurang dari 0.05 (p = 0,000 < 0,05), 4) Terdapat perbedaan aspek afektif secara signifikan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kolaka dengan nilai signifikansi kurang dari 0.05 (p = 0,000 < 0,05), 5) terdapat perbedaan hasil belajar aspek psikomotorik secara signifikan peserta didik yang menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kolaka dengan nilai signifikansi kurang dari 0.05 (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kolaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Jafar Ahiri, M.Pd. Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si
Uncontrolled Keywords: Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Model Pembelajaran DAN Model Kooperatif Tipe JIGSAW
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:34
Last Modified: 18 Sep 2018 02:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item