PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X TKJ A DI SMK NEGERI 4 KENDARI

TONY SURYA WIDIYANTO, NIM. 13010101044 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X TKJ A DI SMK NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
Bab V.doc

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (42kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK TONY SURYA WIDIANTO, NIM. 13010101044, Judul: Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X TKJ A di SMK Negeri 4 Kendari, (Dibimbing Oleh: Fahmi Gunawan, SS., M.Hum. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran course review horay di kelas X Teknik Komputer dan Jaringan A SMK Negeri 04 Kendari? 2) Apakah penerapan metode pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar Pendais siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan A SMK Negeri 04 Kendari? Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Teknik Komputer dan Jaringan A SMK Negeri 04 Kendari dengan jumlah siswa 33 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Faktor yang diselidiki yakni faktor siswa dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Proses pembelajaran dengan metode course review horay dapat meningkatkan hasil belajar Pendais dan budi pekerti siswa. Hasil evaluasi sebelum pelaksanaan tindakan nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 74,18. Pada akhir siklus I nilai siswa menunjukan peningkatan menjadi 77,15 dengan 25 orang siswa (75,76%) memperoleh nilai ≥ 75. Pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa 80,64 dengan 30 orang siswa (90,91%) siswa memperoleh nilai ≥ 75. Pencapaian siswa pada siklus II menunjukan peningkatan yang sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan penelitian ini, sebab standar ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah adalah jika 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75. 2) Bahwa metode pembelajaran course review horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru. Hal ini bisa dilihat dari terus meningkatnya nilai yang diperoleh siswa dan guru selama proses pembelajaran. Pada siklus I aktivitas belajar siswa menunjukan nilai 61,96. Aktivitas guru memperoleh nilai 72,83 untuk pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukan peningkatan, aktivitas belajar siswa menunjukan peningkatan menjadi 88,04. Aktifitas guru selama proses pembelajaran juga menunjukan perbaikan dengan perolehan nilai yang meningkat menjadi 93,48. Dengan demikian metode pembelajaran course review horay dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendais siswa kelas X TKJ A SMK Negeri 4 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fahmi Gunawan, SS., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:18
Last Modified: 26 Sep 2018 03:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item