PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 6 KENDARI

NURFITRIANI AMDAR, NIM: 14010101098 (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 6 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NURFITRIANI AMDAR, NIM. 14010101098. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Paired Storytelling Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 6 Kendari”, melalui bimbingan Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) Pai yaitu 70. Selain itu, kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran oleh guru sehingga siswa belum termotivasi, belum antusias dalam pembelajaran dan aktifitas belajar siswa belum terarah sehingga hasil belajar siswa rendah. Adapun tingkat keberhasilan masih mencapai 45%. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknis tes, teknis Nontes, observasi, dan wawancara. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan presentase ketuntasan belajar mencapai 75%. Berdasarkan penerapan model pembelajaran paired storytelling pada siswa kelas X Geologi SMKN 6 Kendari. Hasil aktifitas guru siklus I berturut-turut 70,83%, 83,3% ketidakaktifan berturut-turut mencapai 29,17%,17,7%. Sedangkan pada siklus II berturut-turut mencapai 87,5%,95,8%, ketidakaktifan berturut-turut mencapai 12,5% dan 4,2%. Adapun hasil aktifitas siswa pada siklus I berturut-turut 75% dan 75%. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus II berturut-turut mencapai 87,50% dan 91,67%. Presentase keberhasilan belajar Pai siswa kelas X Geologi, sebelum tindakan mencapai 45% dengan nilai rata-rata 68,9. Setelah dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 60% dengan nilai rata-rata 76,25. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase mencapai 90% dengan nilai rata-rata 82,75 bahkan melebihi indikator yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Paired Storytelling, Model Kooperatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA.
Uncontrolled Keywords: Paired Storytelling, Model Kooperatif
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 02 Oct 2018 01:06
Last Modified: 02 Oct 2018 01:06
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item