MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEOSCRIBE PADA SISWA KELAS X IPA 3 SMAN 6 KENDARI

MUHAMMAD SYUKUR, NIM : 14010101147 (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEOSCRIBE PADA SISWA KELAS X IPA 3 SMAN 6 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Syukur, NIM 14010101147, Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penggunaan Media Videoscribe Pada Siswa Kelas X IPA 3 SMAN 6 Kendari, program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Ibu Erdianti S.Ag., M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah:1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas X IPA 3 melalui penggunaan media videoscribe? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas X IPA 3 melalui penggunaan media videoscribe?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas X IPA 3 SMAN 6 Kendari melalui penggunaan media videoscribe. 2) Peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas X IPA 3 SMAN 6 Kendari melalui penggunaan media videoscribe Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Kendari. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil penelitian, motivasi belajar Pendidikan Agama Islam saat kondisi awal termasuk kriteria rendah yaitu rata-rata 58,24 dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media videoscribe pada siklus I maka rata-rata nilai nilai motivasi belajar PAI siswa mencapai 69,24 dengan terjadinya peningkatan sebesar 18,89% termasuk dalam kriteria sedang. Pada Siklus II rata-rata nilai motivasi belajar siswa mencapai 75,12 dengan kriteria tinggi dengan peningkatan dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 28,99%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I jumlah yang tuntas sebesar 23 siswa atau sebesar 76,67% dan yang tidak tuntas berjumlah 7 siswa atau sebesar 23,33% dengan nilai rata-rata 83,00 sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas berjumlah 27 siswa atau sebesar 90,00% dan yang tidak tuntas berjumlah 3 siswa atau sebesar 10,00% dengan nilai rata-rata 89,17. Kata Kunci: Motivasi, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Media Videoscribe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erdianti S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Media Videoscribe
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Nov 2018 00:46
Last Modified: 14 Nov 2018 00:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item