MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD DALAM MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS VII. 3 DI MTSN 1 KONAWE Skripsi

AHMAD GHIFARI TETAMBE, NIM. 12010101042 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD DALAM MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS VII. 3 DI MTSN 1 KONAWE Skripsi. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 pdf.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (920kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Ghifari Tetambe, Nim 12010101042, Judul: “Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Media Flash Card Dalam Mata Pelajaran Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VII 3 Di MTsN 1 Konawe Kec. Unaaha Kab. Konawe”. (Dosen Pembimbing Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, M.A) Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kemampuan dalam melafalkan Al-Qur’an dan membaguskan huruf/kalimat Al-Qur’an sesuai dengan hukum tajwid. Kemampuan yang dimaksudkan disini ialah penguasaan siswa kelas VII 3 di MTsN 1 Konawe dalam membaca Al-Qur’an. Media Flash Card yang dimaksud dalam penelitian ini adalah permainan kartu kata yang dibuat dengan ukuran tertentu dengan warna tertentu untuk memperkenalkan kata/kalimat secara cepat sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran Qur’an hadits agar siswa cepat menagkap materi pelajaran dan tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII 3 Di MTsN 1 Konawe. 2) Apakah media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII. Di MTsN 1 Konawe. pada pokok bahasan kunikmati keindahan Al-Qur’an dengan tajwid (hukum bacaan qalqalah). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII 3 di MTsN 1 Konawe sangat rendah. Hal ini dilihat dari hasil tes membaca Al-Qur’an pada observasi awal yang hanya memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 31,57%. 2) Media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII 3 di MTsN 1 Konawe dalam pembelajaran Qur’an hadits. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an tersebut dilihat dari pelaksanaan tes pada Pada siklus I yang menggunakan media Flash Card diperoleh hasil peningkatan secara klasikal sebesar 50% dengan persentase peningkatan dari observasi awal ke siklus I sebesar 2,91 %. Pada siklus II diperoleh hasil peningkatan secara klasikal sebesar 81,57% sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase peningkatan sebesar 16,39 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, M.A
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN, MEDIA FLASH CARD,MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:50
Last Modified: 08 Sep 2017 07:50
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item