EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MIN 2 KOLAKA KABUPATEN KOLAKA

RAMLAH, NIM. 16040202017 (2018) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MIN 2 KOLAKA KABUPATEN KOLAKA. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ramlah (16040202017). Efektivitas Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada MataPelajaran Akidah Akhlak Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka Kabupaten Kolaka. Dibimbing oleh: Nurseha Gazali dan Imelda Wahyuni Penelitian ini membahas tentang efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka Kabupaten Kolaka, yang bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri2 Kolaka. 2) Mengetahui hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri2 Kolaka. 3) Mengetahui efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri2 Kolaka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan kepala madrasah, guru, staf, dan siswa. data-data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga jalur kegiatan yaitu redukdi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan pengujian keabsahan data melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal yaitu: 1) Penerapan metode tutor sebaya pada proses pembelajaran dimana siswa menguasai materi yang akan diajarkan, aktif bekerjasama dan terlibat dalam diskusi kelompok, aktif mendengarkan penjelasan tutor serta serta bertanya kepada tutor atau guru. Sedangkan guru lebih aktif dalam mengontrol siswa dalam proses pembelajaran. 2) Melalui metode tutor sebaya terjadi peningkatan hasil belajar siswa, yang dilihat meningkatnya minat belajar siswa dalam mendengarkan penjelasan tutor, memberi respon dalam bertanya serta aktif kerjasama dalam kelompok.3) Penggunaan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran cukup efektif dan efisien dimana aktivitas siswa pada proses pembelajaran terjadi peningkatan pengorganisasian yang baik, komunikasi yang efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap mata pelajaran, sikap positif kepada siswa, pemberian nilai yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran dan hasil belajar yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi kepada guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu bentuk inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang variatif, seperti penerapan metode tutor sebaya yang dilakukan dalam penelitian ini,juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada sekolah atau lembaga pendidikan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Nurseha Gazali dan Imelda Wahyuni
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS, METODE PEMBELAJARAN, TUTOR SEBAYA, MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Jan 2019 00:46
Last Modified: 23 Jan 2019 00:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item