MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) SISWA KELAS IV SDN BUGI KECAMATAN SORAWOLIO KOTA BAU-BAU

A L I Y A T I, KL. 14010101010 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) SISWA KELAS IV SDN BUGI KECAMATAN SORAWOLIO KOTA BAU-BAU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

ABSTRAK Aliyati, KL. 14010101010 “Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) Siswa Kelas IV SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau” (Dibimbing oleh Drs. Masdin, M.Pd) Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dapat meningkatkan hasil belajar PAI Siswa Kelas IV SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau? Peneltian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI siswa setelah diterapkan model pembelajaran tuntas (Mastery Learning). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar; tes awal sebelum pemberian tindakan, tes siklus I dan II dan lembar observasi bagi guru dan siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama siswa kelas IV SDN Bugi Kecamatan Sorawolio sebelum diterapkannya model pembelajaran tuntas (Mastery Learning) hasil rata-rata belajar siswa sebesar 61,59 dengan persentase 45 %, sedangkan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran tuntas (Mastery Learning) pada siklus I nilai rata-rata sebesar 63,31 dengan persentase 59% dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 70 dengan persentase 90%. Model Pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa karena hasil belajar yang diperoleh pada siklus I dan siklus II pada bidang studi Pendidikan Agama Islam terjadi peningkatan hasil belajar dari hasil tes awal. Sebelum diterapkannya model pembelajaran tuntas (Mastery Learning) persentase hasil belajar sebesar 61,59 (45%) dan sesudah diterapkan naik menjadi 63,31 (59%) pada siklus I namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai ratarata siswa pada siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 61,59 menjadi 70 dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 90% siswa telah mendapat nilai > 65,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Masdin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MASTERY LEARNING)
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 06:45
Last Modified: 14 Sep 2017 06:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item