PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA TOMBA KOTA BAUBAU SKRIPSI

WA ODE AMINAH, NIM KL. 14010101045 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA TOMBA KOTA BAUBAU SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

ABSTRAK Wa ode aminah, NIM KL. 140101001043. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Kartu Angka Pada Kelompok A TK Dharma Wanita Tomba Kota Baubau (Dibimbing oleh Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag) Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di lapangan ditemukan adanya permasalahan dalam kegiatan pengembangan di kelas yaitu rendahnya kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan di TK Dharma Wanita Tomba. Hal ini disebabkan peran guru yang masih menekankann pengajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) dan kurang bervariasinya media dan metode pembelajaran yang digunakan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A dalam mengenal konsep bilangan di TK Dharma Wanita Tomba Kota Baubau? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Tomba melalui penggunaan media kartu angka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan studi dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskripsi kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitaif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak meningkat dari sebelum penelitian sampai dengan siklus II. Pada saat penelitian awal, kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak rata-rata di kelas yaitu 54,67%, pada siklus I menjadi 62,77% dan pada siklus II rata-rata kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak di kelas mencapai 80,82%%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Kuraedah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: KOGNITIF ANAK,MEDIA KARTU ANGKA
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:14
Last Modified: 14 Sep 2017 07:14
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item