PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: UPAYA MEMAKNAI KERAGAMAN BAHASA DI INDONESIA

Imelda, Wahyuni (2015) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: UPAYA MEMAKNAI KERAGAMAN BAHASA DI INDONESIA. Zawiyah, 1 (1). pp. 79-96. ISSN 2477-6149

[img]
Preview
Text
7. ZJPI-Vol 1 No 1 Desember 2015-Imelda Wahyuni-Pendidkan Multikultural.Pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. PCX - Report-ZJPI Vol 1 No 1 Desember 2015-PENDIDIKAN Multikultural-Pdf.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah/issue/vi...

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia membutuhkan model pendidikan multikultural bagi masyarakat multikultural, yaitu Indonesia yang memiliki keragaman budaya. Pemerintah telah melakukan usaha dalam mensosialisasikan konsep pendidikan multikultural sebelum diterapkan sebagai model refresentatif dan relevan pada setiap jenjang pendidikan, namun pada tatanan pemaknaan masih perlu mengkondisikan situasi keragaman dalam realitas kehidupan masyarakat agar dapat menjadi tombak keberhasilan dalam pendidikan tersebut. Salah satu bentuk keragaman itu adalah bahasa daerah yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Tulisan ini menemukan bahwa pembiasaan sejak dini dalam menerima perbedaan dapat diwujudkan dalam memaknai keragaman bahasa di Indonesia, dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang dapat merangkul keragaman, khusunya dalam pelaksanaan pendidikan berbasis multikultural.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, bahasa daerah, dan bahasa indonesia.
Subjects: Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Ilmu Bahasa
Divisions: KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_IMELDAWAHYUNI
KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_IMELDAWAHYUNI
Depositing User: Dr Imelda Wahyuni
Date Deposited: 29 Nov 2019 07:42
Last Modified: 29 Nov 2019 07:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2123

Actions (login required)

View Item View Item