Imelda, Wahyuni (2015) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: UPAYA MEMAKNAI KERAGAMAN BAHASA DI INDONESIA. Zawiyah, 1 (1). pp. 79-96. ISSN 2477-6149
|
Text
7. ZJPI-Vol 1 No 1 Desember 2015-Imelda Wahyuni-Pendidkan Multikultural.Pdf.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. PCX - Report-ZJPI Vol 1 No 1 Desember 2015-PENDIDIKAN Multikultural-Pdf.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Sistem pendidikan di Indonesia membutuhkan model pendidikan multikultural bagi masyarakat multikultural, yaitu Indonesia yang memiliki keragaman budaya. Pemerintah telah melakukan usaha dalam mensosialisasikan konsep pendidikan multikultural sebelum diterapkan sebagai model refresentatif dan relevan pada setiap jenjang pendidikan, namun pada tatanan pemaknaan masih perlu mengkondisikan situasi keragaman dalam realitas kehidupan masyarakat agar dapat menjadi tombak keberhasilan dalam pendidikan tersebut. Salah satu bentuk keragaman itu adalah bahasa daerah yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Tulisan ini menemukan bahwa pembiasaan sejak dini dalam menerima perbedaan dapat diwujudkan dalam memaknai keragaman bahasa di Indonesia, dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang dapat merangkul keragaman, khusunya dalam pelaksanaan pendidikan berbasis multikultural.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan multikultural, bahasa daerah, dan bahasa indonesia. |
Subjects: | Pendidikan Islam Islam (Umum) Ilmu Bahasa |
Divisions: | KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_IMELDAWAHYUNI KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_IMELDAWAHYUNI |
Depositing User: | Dr Imelda Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 07:42 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 07:42 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2123 |
Actions (login required)
View Item |