MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INFORMATION SEARCH DI KELAS III SD NEGERI 10 MANDONGA KOTA KENDARI

SUHAYA, NIM. KL.14010101021 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INFORMATION SEARCH DI KELAS III SD NEGERI 10 MANDONGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suhaya, NIM. 14010101021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Information Search di Kelas III SD Negeri 10 Mandonga Kota Kendari. Melalui bimbingan Dr. Samrin, M.Pd.I Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe information search di kelas III SD Negeri 10 Mandonga Kota Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran aktif tipe information search dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas III SD Negeri 10 Mandonga Kota Kendari?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode information search dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas III SD Negeri 10 Mandonga Kota Kendari. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Sebelum pelaksanaan tindakan (pra penelitian) hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 69.87 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65,22%. Setelah siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,13 dengan persentase ketuntasan sebesar 73.91%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,04 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 95,65%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “penerapan metode information search dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas III SD Negeri 10 Mandonga” dapat dibuktikan. Kata Kunci: hasil belajar siswa, model pembelajaran aktif tipe modeling the way

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Samrin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, model pembelajaran aktif tipe modeling the way
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 28 Sep 2017 01:30
Last Modified: 28 Sep 2017 01:30
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item