PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVb PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 1 TALAGA BESAR KEC. TALAGA RAYA KAB. BUTON TENGAH

Yusni, NIM.14010104029, Y (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVb PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 1 TALAGA BESAR KEC. TALAGA RAYA KAB. BUTON TENGAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yusni, NIM.14010104029“Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) DalamMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVbPada Mata Pelajaran IPS di SDN 1 Talaga Besar, Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah” (dibimbing oleh Raehang, S.Ag, M.Pd.I). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Adapun masalah dalam penelitian ini di batasi pada bagaimanakah penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran IPS kelas IVb SDN 1 Talaga Besar dan apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) di kelas IVb SDN 1 Talaga Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta melakukan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai 53,57% dengan nilai rata-rata sebesar 65,53. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67,85% dengan rata-rata sebesar 73,92. Hasil belajar siswa pada siklus II meningkat secara signifikan yaitu dengan persentase 92,85% dengan nilai rata-rata 84,64 sehingga telah mencapai KKM yang telah ditetapkan yakni apabila siswa memperoleh nilai ≥70. Adapun persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 6,685% sedangkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 9,185% dan persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 9,185%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran tipe STAD (tipe Student Team Achievement Division)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVb SDN 1Talaga Besar pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci:Model Pembelajaran STAD(Student Team Achievement Division), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Pembelajaran STAD(Student Team Achievement Division), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD(Student Team Achievement Division), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: Matematika
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 25 Nov 2020 08:39
Last Modified: 25 Nov 2020 08:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2880

Actions (login required)

View Item View Item