PEMASARAN ONLINE TELUR AYAM RAS PADA PETERNAKAN AYAM AB GROUP DI DESA PONRE WARU KEC. WOLO KAB. KOLAKA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Raodatul Janna NIM: 16050101030, R (2021) PEMASARAN ONLINE TELUR AYAM RAS PADA PETERNAKAN AYAM AB GROUP DI DESA PONRE WARU KEC. WOLO KAB. KOLAKA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Raodatul Janna. NIM 16050101030. Pemasaran Online Telur Ayam Ras Pada Peternakan Ayam AB Group Di Desa Ponre Waru Kecematan Wolo Kabupaten Kolaka Ditinjau Dari Persfektif Ekonomi Islam. Dibimbing oleh Sodiman, M.Ag & Nurjannah, S. Kom, M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran online telur ayam RAS yang diterapkan oleh peternakan AB Group dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap pemasaran online di peternakan AB Group. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa selain terjun langsung kepasar-pasar, AB Group juga menerapkan sistem pemasaran secara online dengan memanfaatkan dua fitur media sosial yang pada saat ini banyak digunakan oleh semua kalangan masyarakat yaitu melalui aplikasi Facebook dan Whatsapp. Pada sistem pemasaran online yang diterapkan, proses pemesanan dilakukan melalui fitur chat dan pembayaran dilakukan dengan sistem Dp (down payment) dengan metode transfer. Sistem pemasaran online yang diterapkan oleh AB Group mempunyai pengaruh yang cukup besar terutama terhadap permintaan pasar. Sebelum AB Group melakukan sistem pemasaran secara online pada tahun 2017 jumlah ayam yang dimiliki ±5000 ekor, setelah melakukan pemasaran secara online AB Group menambah jumlah ayam menjadi ±9000 ekor. Pelaku usaha juga dalam melakukan pemasaran online tidak semata-mata untuk kepentingan sendiri melainkan juga untuk kepentingan bersama yaitu kepentingan konsumen dan juga kepentingan keluarga pengusaha. Keyword : Pemasaran Online, Telur Ayam Ras, Ekonomi Islam ABSTRACT Raodatul Janna. NIM 16050101030. Online Marketing of Ras Chicken Eggs on AB Group Chicken Farms in Ponre Waru Village, Wolo District, Kolaka Regency, Riviewed in Islamic Economic Perspective. Supervised by Sodiman, M.Ag & Nurjannah, S. Kom, M. Pd This study aims to determine the online marketing system ras chicken eggs implemented by AB Group farms and to find out Islamic economic review of online marketing on AB Group farms. This research uses field research with a qualitative approach. Data collection techniques will be used are observation, interviews and documentation, with data analysis techniques are data reduction, Data presentation and verification. As for data validity techniques using source triangulation, technique triangulation and time triangulation. The results show that in addition to directly engaging in the market, AB Group also implements an online marketing system by utilizing two social media features that are currently widely used by all people, namely through the fecabook and whatsapp applications. In the applied online marketing system, the order process is carried out via the chat feature and payments aremade using the DP (down payment) system with the transfer method. The online marketing system implemented by AB Group has a considerable influence, especially on market demand. Before AB Group implemented an online marketing system in 2017, the number of chickens owned was ±5000, after marketing system online AB Group increased the number of chickens to ±9000. Business actors also do online marketing not solely for their own interests but also for common interests, namely the interests of consumers and also the interests of the entrepreneur’s family. Keyword: Online Marketing, Chicken Eggs Race, Islamic Economics

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ekonomi islam Marketing, Online marketing, peternakan, telur ayam ras
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Online, Telur Ayam Ras, Ekonomi Islam
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Fiqhi
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:38
Last Modified: 26 Aug 2021 01:38
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item