Dewi Sukmawati, Nim 13010104020, D (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 KONDA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (213kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (520kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (465kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (809kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dewi Sukmawati, Nim 13010104020, Judul: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Konda Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Di bimbing oleh Raehang, S. Ag, M. Pd. I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VI SD Negeri 3 Konda Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan - tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI yang berjumlah 14 orang siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), data tersebut dikumpulkan dengan tes siklus I dan II yang dalam pelaksanaanya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi pada masing-masing siklusnya. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas VI SDN 3 Konda mengalami peningkatan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Hal ini terlihat dari hasil tes Siklus I yaitu terdapat 7 orang siswa (50%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 71,50 artinya nilai ketuntasan klasikal siswa lebih kecil dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (60 < 70), dan meningkat pada Siklus ke II menjadi 13 orang siswa (92,86%), dengan rata-rata 88,92, artinya nilai ketuntasan klasikal siswa lebih besar dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (90 > 70). Jadi ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 42,86 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | MODEL PEMBELAJARAN, STAD, IPA |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, STAD, IPA |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 07:56 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 07:56 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3098 |
Actions (login required)
View Item |