MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER KELAS VMIN 1 KENDARI

Hilda, NIM. 12010104009, H (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER KELAS VMIN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hilda, NIM. 12010104009“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Kelas V MIN 1 Kendari”dibimbing oleh Ir Hj Ety Nur Inah M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Snowbaal Throwing.Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada apakah hasil belajar IPA siswa dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran Number Head Together.di kelas V MIN 1 Kendari? Jenis penelitian ini adalah penenlitian tindakan kelas (PTK), yang dalam proses pelaksanaan dilakukan dengan proses pengkajian yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta melakukan refleksi, diamana teknik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang dimaksud unuk memberikan gambaran peneingkatan kualitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Number Head Together dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan aktivitas siswa dan guru terjadi peningkatan yang signifikan. Hal ini sesuai dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 79,76% atau pada kategori baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I menunjukan bahwa aktivitas siswa telah berada pada kategori baik dengan persentase 55,26%. Penerapan strategi pembelajaran Number Head Together dapat meningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 67,48 persentase hasil belajar siswa mencapai 40%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 68,2persentase hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasan 60%. Sedangkan pada siklus II peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan nilai rata�rata 80,2, dengan persentase ketuntasan 92%. Peningkatan persentase setiap siklus 1,06% dan peningkatan persentase keseluruhan sebesar 17,59%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, THT
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, THT
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:32
Last Modified: 17 Jan 2022 01:32
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item View Item