Kalianantri NIM 17010101019, K (2022) PERAN MENTOR RUMAH QUR’AN MAHASISWA (RQM) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kalianantri NIM 17010101019. Peran Mentor Rumah Qur’an Mahasiswa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa FTIK IAIN Kendari melalui bimbingan Dr. Abbas, S.Ag, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mentor RQM dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an mahasiswa FTIK, eksistensi RQM dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an dan kendala-kendala yang dialami mentor dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an serta solusinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkam dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mentor RQM sudah berperan dengan baik dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Adapun macam-macam peran yang dilakukan yaitu mentor sebagai pengajar, mentor sebagai pendidik, mentor sebagai pembimbing dan pelatih, mentor sebagai motivator, serta mentor sebagai evaluator. (2) Eksistensi RQM sangat penting dalam meningkatkan kemampuan membaca al�Qur‟an, karena RQM sebagai wadah yang dapat membantu mahasiswa yang belum mampu membaca al-Qur‟an dengan baik dan benar, dan juga meningkatkan tingkat kelulusan mahasiswa menjadi 95% pada saat ujian di Fakultas. (3) Kendala-kendala yang dialami oleh mentor RQM dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an yaitu pertama penyesuaian jadwal, solusinya dengan musyawarah. Kendala kedua yaitu masih ada beberapa peserta yang kesulitan dalam pelafalan huruf-huruf hijaiyah yang mirip seperti dzal dan za, ha dan kha, alif dan „ain, sin dan syin, solusinya yaitu mengarahkan peserta didik untuk membiasakan membaca al-Qur‟an maupun mendengarkan murotal, serta terus berlatih mengulang-ngulang huruf yang dianggap susah tersebut. Kendala yang ketiga yaitu masih ada beberapa peserta RQM yang tidak aktif mengikuti pembelajaran, solusinya yaitu menghubungi peserta yang bersangkutan. Kata Kunci: Peran Mentor, Kemampuan Membaca, Al-Qur‟an, FTIK
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Peran Mentor, Kemampuan Membaca, Al-Qur‟an, FTIK |
Uncontrolled Keywords: | Peran Mentor, Kemampuan Membaca, Al-Qur‟an, FTIK |
Subjects: | Agama Pendidikan Al-Qur'an Pendidikan Islam Islam (Umum) Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 02:27 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 02:27 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3255 |
Actions (login required)
View Item |