PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka)

Siti Ainunnisa Sahibuddin. NIM 17050101077, S (2022) PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER BUKU.pdf

Download (165kB)
[img] Text
2. HALAMAN AWAL.pdf

Download (821kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (835kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (442kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT Siti Ainunnisa Sahibuddin. NIM 17050101077. "Utilization of Social Media as a Marketing Media During the Covid-19 Pandemic In Sharia Marketing Perspective (Case Study of SMEs in Pomalaa District, Kolaka Regency)". Through the guidance of Dr. H. Rusdin Muhalling, ME and Sodiman, M.Ag. This study aims to determine the usage of social media during the Covid-19 pandemic by SMEs (Small and Medium, Enterprises) agent in Pomalaa District, Kolaka Regency, how to use social media in marketing during the Covid-19 pandemic and how to use social media in a sharia marketing perspective on SMEs agent. This study uses qualitative research methods, descriptive analysis approach and uses data collection techniques, namely observation, interviews and documentation, testing the validity of the data using source triangulation, technique triangulation and time triangulation. The respondents of this study were 6 popular SMEs agent in Pomalaa District who experienced the impact of the Covid-19 pandemic so they switched to using social media as a marketing media. The results of this study show that SMEs agent in Pomalaa District use social media as a marketing media during the Covid-19 pandemic. Social media used as marketing media uses 3 types of social media, namely Facebook, Instagram and WhatsApp. The dominant social media used by SMEs agent in Pomalaa District is Facebook. Social media has contributed a lot to SMEs agent, namely, increasing product sales, marketing products with a wider reach and building brand awareness. The use of social media in the perspective of sharia marketing carried out by SMEs in meets the characteristics of sharia marketing practiced by the Prophet Muhammad SAW, namely theitis (Rabbaniyah), ethical (Akhlaqiyyah), realistic (Al�waqi "iyyah) and humanistic (Insaniyah). Keywords: Utilization of Social Media, Sharia Marketing, Impact of the Covid-19 Pandemic, Micro, SMEs (Small and Medium Enterprises) ABSTRAK Siti Ainunnisa Sahibuddin. NIM 17050101077. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Di Masa Pandemi Covid�19 Dalam Perspektif Pemasaran Syariah (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka)”. Melalui bimbingan Dr. H. Rusdin Muhalling, ME dan Sodiman,M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial di masa pandemi Covid-19 oleh pelaku UMKM di Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka, bagaimana pemanfaatan media sosial dalam pemasaran di masa pandemi Covid-19 serta bagaimana pemanfaatan media sosial dalam perspektif pemasaran syariah pada pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan analisis deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Responden penelitian ini adalah 6 pelaku UMKM yang populer di Kecamatan Pomalaa yang mengalami dampak pandemi Covid-19 sehingga beralih menggunakan media sosial sebagai media pemasaran. Hasil Penelitian ini menunjukkan pelaku UMKM di Kecamatan Pomalaa memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran di masa pandemi Covid-19. Media sosial yang digunakan sebagai media pemasaran menggunakan 3 jenis media sosial yaitu facebook, instagram dan whatsapp. Media sosial yang dominan digunakan adalah media sosial facebook. Media sosial telah memberikan banyak kontribusi terhadap pelaku UMKM yaitu, meningkatkan penjualan produk, memasarkan produk dengan jangkauan lebih luas dan membangun kesadaran merek. Pemanfaatan media sosial dalam perspektif pemasaran syariah yang dilakukan pelaku UMKM memenuhi karakteristik pemasaran syariah yang dipraktekkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu theitis (Rabbaniyah), etis(Akhlaqiyyah), realistis (Al-waqi”iyyah) dan humanistis (Insaniyah) Kata Kunci: Pemanfaatan Media Sosial, Pemasaran Syariah, Dampak Pandemi Covid-19, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pemanfaatan Media Sosial, Pemasaran Syariah, Dampak Pandemi Covid-19, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Sosial, Pemasaran Syariah, Dampak Pandemi Covid-19, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)
Subjects: Pendidikan
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:01
Last Modified: 28 Jan 2022 02:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item