PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN MENGAJAR GURU SMP NEGERI 21 KONAWE SELATAN KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN

MUHTAR MUSAFIR, NIM. 09 01 01 03 034 (2014) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN MENGAJAR GURU SMP NEGERI 21 KONAWE SELATAN KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK MUHTAR MUSAFIR, NIM. 09 01 01 03 034. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Mengajar Guru SMP Negeri 21 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan”, melalui bimbingan bapak Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan ibu St Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin mengajar guru SMP Negeri 21 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan yang terletak di Desa Sanggula Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap disiplin mengajar guru di SMP Negeri 21 Konawe Selatan Kec. Moramo Utara Kab. Konawe Selatan. Sedangkan batasan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 21 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan. 2) Disiplin mengajar guru di SMP Negeri 21 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 32 orang dan sampel sebanyak 32 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, angket, selanjutnya dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah Di SMPN 21 Konawe Selatan berada pada kategori Sangat Baik dengan interval 81-100 %. Selanjutnya disiplin mengajar guru berada pada kategori Baik dengan interval 61-80 %. Sedangkan hasil analisis deskripsi diperoleh nilai rata-rata X= 56,5 dan Y= 48,39 dengan persamaan regresi linear sederhana Ŷ= a + b X (16,67 + 0,74 X) dan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh r= 0,624. Jika diinterpretasikan pada nilai rtabel pada taraf α = 0,05 % dimana dk= n-2 = 32-2=30, maka diperoleh rtabel = 0,349. Dengan dermikian rhitung = 0,624 ≥ rtabel = 0,349 yang berarti terdapat pengaruh yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin mengajar guru SMPN 21 Konawe Selatan Kec. Moramo Utara Kab. Konawe Selatan. Sedangkan nilai koefisien determinasinya (r2) adalah sebesar 37%. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh di atas, menunjukkan disiplin mengajar guru sebesar 38 % ditentukan oleh pengaruh kepmimpinan kepala sekolah, sedangkan sisanya 62 % ditentukan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Untuk menguji signifikan atau tidaknya hasil penelitian ini, peneliti menggunakan uji F (Uji Fisher) fhitung ≤ ftabel. Untuk signifikan yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa fhitung =18,98 ≥ ftabel = 4,17. Maka hipotesis sistematik H1 (Signifikan) diterima H0 (tidak signifikan) ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin mengajar guru SMP Negeri 21 Konawe Selatan Kec. Moramo Utara Kab. Konawe Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan St Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN MENGAJAR GURU
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:28
Last Modified: 04 Oct 2017 06:28
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item