PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 KONAWE SELATAN

Muh Ibnu Hidayat, NIM: 17010108037., H (2022) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER, dkk.pdf

Download (705kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muh Ibnu Hidayat, NIM: 17010108037. Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di MAN 1 Konawe Selatan, Pembimbing: Dr. Jumarddin La Fua S.Si., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di MAN 1 Konawe Selatan. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di MAN 1 Konawe Selatan. (3) Untuk mengetahui pengaruh peran orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di MAN 1 Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif . Lokasi penelitian di MAN 1 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI IPA di MAN 1 Konawe Selatan, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA2 sebanyak 39 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) pada peserta didik. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis statistik deskriptif, tehnik analisis statistik inferensial: uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis penelitian (analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan peran orang tua terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan nilai (r) sebesar 0,559 berada pada kategori (sedang) dan memiliki kontribusi pengaruh sebesar 31,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. 2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan nilai (r) sebesar 0,600 berada pada kategori (kuat) dan memiliki kontribusi pengaruh sebesar 36% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan peran orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan nilai (r) sebesar 0,666 berada pada kategori (kuat) dan memiliki kontribusi pengaruh sebesar 44,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Biologi ix ABSTRACT Muh Ibnu Hidayat, NIM: 17010108037. The Influence of Parents' Role and Student Motivation on Biology Learning Outcomes of Class XI IPA Students at MAN 1 Konawe Selatan, Advisor: Dr. Jumarddin La Fua S.Si., M.Si. The objectives of this study were (1) To determine the effect of the role of parents on the learning outcomes of students of class XI IPA at MAN 1 Konawe Selatan. (2) To determine the effect of student motivation on learning outcomes of biology class XI IPA students at MAN 1 Konawe Selatan. (3) To determine the effect of the role of parents and student motivation together on the learning outcomes of biology class XI IPA students at MAN 1 Konawe Selatan. This study used a survey research type with a quantitative descriptive research approach. Research location at MAN 1 Konawe Selatan. The population in this study were all XI IPA students in MAN 1 South Konawe, the samples used in this study were 39 samples of class XI IPA1 and XI IPA2. The data collection technique used in this study was a questionnaire for students. The data analysis techniques used were descriptive statistical analysis techniques, inferential statistical analysis techniques: analysis prerequisite tests, and research hypothesis testing (simple regression analysis and multiple regression analysis). The results showed that: 1) There is a significant positive effect on the role of parents on student biology learning outcomes, with a value (r) of 0.559 being in the (moderate) category and having an influence contribution of 31.3% and the rest is influenced by other factors not discussed in this study. 2) There is a significant positive effect of student learning motivation on student learning outcomes of biology, with a value (r) of 0.600 being in the (strong) category and having an influence contribution of 36% and the rest is influenced by other factors not discussed in this study. 3) There is a significant positive influence on the role of parents and student motivation together on student learning outcomes of biology, with a value (r) of 0.666 being in the (strong) category and having an influence contribution of 44.3% and the rest is influenced by other factors that were not discussed in this study. Keywords: Role of Parents, Student Motivation, Biology Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Biologi
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Biologi
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:47
Last Modified: 17 Jun 2022 02:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3615

Actions (login required)

View Item View Item