ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA PGMI DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN E-LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI IAIN KENDARI

Kasmiati.17010104032, K (2022) ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA PGMI DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN E-LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
JUDUL & DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI P.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV HASIL & PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kasmiati.17010104032.Analisis Kesiapan Mahasiswa PGMI Dalam Menghadapi Pembelajran E-Learning Selama Pandemi Covid-19 diIAIN Kendari.Dibimbing oleh : Dr. Nurdin S.Ag M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1)Kesiapan mahasiswa PGMI dalam menghadapi pembelajaran e-learning di IAIN Kendari, 2) Aplikasi elearningberbasis web yang digunakan mahasiswa PGMI di IAIN Kendari,3) Faktor pendukung dan penghambat selama proses pembelajaran e-learningmahasiswa PGMI di IAIN Kendari. Penelitian ini adalahjenispenelitianlapangan (field research) yang bersifatdeskriptif.Dengan jumlah informan 19 informan yang terdiri dari 11 mahasiswa dan 8 dosen IAIN Kendari. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, penarikan kesimpulan,uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa, kesiapan belajar mahasiswa PGMI di IAIN Kendari termasuk dalam kategori siap yang didukung kesiapan sarana dan prasarananya sudah memadai, kondisi fisik dan mentalnya mahasiswa sudah siap,namun masih perlu ditingkatkan lagi kesiapan mentalnya sebelum menghadapi pembelajaran, agar lebih aktif dalam pembelajaran. Adapun aplikasi e-learning berbasis web yang digunakan mahasiswa PGMI di IAIN Kendari diantaranya adalah zoom, google meet, elearning,dan google classroom. Faktor pendukung pembelajaran e-learningadalah jaringan internet yang baik dan kuota internet. Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran e-learning yaitu koneksi jaringan internet buruk dan keterbatasan kuota. Kata kunci : Kesiapan mahasiswa, e-learning, faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: e-learning
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:46
Last Modified: 15 Aug 2022 06:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

View Item View Item