PEMANFATAN TUMBUHAN DALAM TRADISI KEAGAMAAN MASYARAKAT KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X

Widayanti, NIM.16010108019,, W (2022) PEMANFATAN TUMBUHAN DALAM TRADISI KEAGAMAAN MASYARAKAT KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (720kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (552kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (482kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Widayanti, NIM.16010108019, Pemanfaatan Tumbuhan dalam Tradisi Keagamaan Masyarakat Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Sebagai Media Pembelajaran Biologi Kelas X, Dibimbing Oleh: Ibu Balda S.Si,.M.Si. Penelitian ini bertejuan untuk (1) mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang di manfaatkan dalam tradisi keagamaan di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi (3) mengidentifikasi nilai guna dan keragaman spesies tumbuhan yang di manfaatkan dalam tradisi keagamaan di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi (3) mengidentifikasi keberlajutan pemanfaatan tumbuhan yang digunakan dalam tradisi keagamaan di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi (4) mengetahui kelayakan pada media pembelajaran biologi kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Wakatobi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui Wawancara, observasi. Data hasil penelitian ini diolah dan analisis secara deskritif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan 13 famili dari 14 spesies tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan dalam tradisi keagamaan. Berdasarkan familinya yakni tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan yaitu famili Graminaceae sebanyak 2 spesies sedangkan lain terdiri dari masing-masing 1 spesies yaitu Arecaceae, Palmae, Musaceae, Crassulaceae, Poaceae, Zingiberaceae, Lytheraceae, Euphorbiaceae, Rubiaceae, Solonaceae, Piperaceae, Malvaceae. Berdasarkan habitusnya yaitu terdiri dari pohon, perdu dan herba. Tumbuhan yang paling banyak digunakan dalam tradisi keagamaan yaitu pohon 43%, herba 36 % dan yang paling sedikit adalah perdu 21%. Tumbuhan berdasarkan nilai guna atau bagian yang dimanfaatkan dikelompokan menjadi 6 kelompok bagian yakni bunga, daun, batang, umbi, dan dua bagian yang dimanfaatkan. Pemanfaatan yang paling banyak yakni bagian buah 29 %, bagian daun 29 %, bagian umbi 14%, bagian dua bagian 14 %. Dan yang paling sedikit yaitu Bagian banga 7% dan bagian batang 7%. Berdasarkan keberlanjutan tumbuhan yakni dibudidayakan dengan asal tumbuhan yakni tumbuhan budidaya sebanyak 11 spesies (85%).Tumbuhan non budidaya sebanyak 3 spesies (15%). Kelayakan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh ahli materi, guru pengampu dan siswa, didapatkan hasil yang dijadika acuan sebagai bahan pertimbangan kelayakan media untuk digunakan. Data keseluruhan dari setiap penilaian yang telah dilakukan skor persentase yang diperoleh adalah 90% yang berarti “sangat Baik”. Jadi media pembelajaran dalam bentuk herbarium yang dikembangkan pada penelitian ini layak digunakan. Kata kunci: Tradisi keagamaan, kelayakan media ABSTRACT Widayanti, NIM: 160101080119, The Use Of Plants In The Religius Tradition Of The People Of The Wangi-Wangi Sub-District, Wakatobi District as a Medium For Learning Biology Class X, Supervised by; Miss Balda S.Sc., M.Sc This study aims to (1) determine the types of plants used in religious traditions in Wangi-Wangi District, Wakatobi Regency (2) identify the use value and diversity of plant species used in religious traditions in Wangi-Wangi District, Wakatobi Regency (3 ) identify the sustainable use of plants used in religious traditions in Wangi-Wangi District, Wakatobi Regency (4) determine the feasibility of teaching biology class X media at Madrasah Aliyah Negeri 1 Wakatobi. The method used in this study is a qualitative method with data collection techniques through interviews, observation. The data from this research were processed and analyzed in a qualitative descriptive manner. The results of the research conducted found that 13 families of 14 plant species were the most widely used in religious traditions. Based on the family, the plants that were used the most were the Graminaceae family with 2 species while the others consisted of 1 species each, namely Arecaceae, Palmae, Musaceae, Crassulaceae, Poaceae, Zingiberaceae, Lytheraceae, Euphorbiaceae, Rubiaceae, Solonaceae, Piperaceae, Malvaceae. Based on their habitus, they consist of trees, shrubs and herbs. The most widely used plants in religious traditions are trees, which are 43 herbs, 36% and the least are shrubs, 21%. Plants based on the use value or the parts used are grouped into 6 groups of parts, namely flowers, leaves, tubers, and two parts that are used. The highest utilization was the fruit part 29%, leaf part 29 part tuber 14%, two parts 14%. And the least is the share of banga 7% and the stem 7%. Based on the sustainability of plants, namely cultivated with plant origin, namely cultivated plants as many as 11 species (85%) Non-cultivated plants as many as 3 species (15%). Feasibility of Utilizing Learning Media Based on the results of assessments that have been carried out by material experts, tutors and students, the results obtained are used as references as a material for considering the feasibility of media to be used. Overall data from each assessment that has been carried out the percentage score obtained is 90%, which means " very good". so the learning media in the form of a herbarium developed in this study is feasible to use. Keywords: religius tradition, media eligibility

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tradisi keagamaan, kelayakan media
Uncontrolled Keywords: Tradisi keagamaan, kelayakan media
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:10
Last Modified: 31 Aug 2022 01:10
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3813

Actions (login required)

View Item View Item