PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GELOMBANG MEKANIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 15 KONAWE SELATAN

RAHMAWATI, NIM: 18010109019, R (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GELOMBANG MEKANIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 15 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK RAHMAWATI, NIM: 18010109019. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Gelombang Mekanik Pada Kelas XI IPA di SMAN 15 Konawe Selatan (Dibimbing oleh: La isa S.Si, M.Si dan Halmuniati S.Pd. M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Pelaksanaan model pembelajaran generatif pada konsep pembelajaran gelombang mekanik. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Mengetahui perbedaan hasil hasil belajar sebelum dan setelah perlakuan di kelas eksperimen. (4) Mengetahui pengaruh perbedaan model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar setelah perlakuan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 15 Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent control design, pada desain ini terdapat pretest dan posttest untuk kelas eksperimen dan kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 15 Konawe Selatan, sampel ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih dua kelas dengan nilai yang hampir sama atau homogen, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif mengalami peningkatan dari pertemuan pertama pembelajaran sampai pertemuan pembelajaran kelima yaitu dari persentase hasil observasi guru dari 63 % meningkat sampai 100% dan dari persentase hasil observasi peserta didik meningkat dari 62% sampai 100%. (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika sebelum perlakuan di kelas eksperimen dan kontrol, thitung < ttabel atau 1,2 < 2,005. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika sebelum dan setelah perlakuan di kelas eksperimen, thitung > ttabel atau 13,133 > 2,01. (4) Terdapat pengaruh perbedaan model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar fisika setelah perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol, thitung > ttabel atau 2,7 > 2,005. Dengan demikian hasil belajar kongnitif peserta didik yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran generatif terdapat pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Hasil Belajar Gelombang Mekanik, Model Pembelajaran Generatif ABSTRACT RAHMAWATI, NIM: 18010109019. The Effect of Generative Learning Model on Learning Outcomes of Mechanical Waves in Class XI Science at SMAN 15 Konawe Selatan (Supervised by: La isa S.Si, M.Si and Halmuniati S.Pd. M.Pd This study aims to (1) determine the implementation of the generative learning model on the concept of wave mechanics learning. (2) Knowing the difference in learning outcomes before treatment in the experimental class and control class. (3) Knowing the difference in learning outcomes before and after treatment in the experimental class. (4) Knowing the effect of differences in generative learning models on learning outcomes after treatment in class XI IPA 1 SMA Negeri 15 Konawe Selatan. This research was carried out through an experimental method with a non-equivalent control design research design, in this design there was a pretest and posttest for the experimental and control classes. The population in this study were all class XI IPA SMAN 15 Konawe Selatan, the sample was determined using purposive sampling technique, namely selecting two classes with almost the same or homogeneous values, class XI IPA 1 as the experimental class and class XI IPA 2 as the control class. The results showed: (1) The implementation of learning using the generative learning model increased from the first meeting of learning to the fifth learning meeting, namely the percentage of teacher observations from 63% increased to 100% and from the percentage of student observations increased from 62% to 100% . (2) There is no difference in physics learning outcomes before treatment in the experimental and control classes, tcount < ttable or 1,2 < 2,005. (3) There are differences in physics learning outcomes before and after treatment in the experimental class, tcount > ttable or 13,133 > 2,01. (4) There is an effect of different generative learning models on physics learning outcomes after treatment in the experimental class and control class, tcoun > ttable or 2,7 > 2,005. Thus, the cognitive learning outcomes of students who are given treatment using a generative learning model have a significant effect. Keywords: Mechanical Wave Learning Outcomes, Generative Learning Model

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gelombang Mekanik, Model Pembelajaran Generatif
Uncontrolled Keywords: Gelombang Mekanik, Model Pembelajaran Generatif
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:45
Last Modified: 08 Sep 2022 01:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3823

Actions (login required)

View Item View Item