PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 8 MANDONGA KOTA KENDARI

NUR ASIAH, NIM : 10 010101 114 (2014) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 8 MANDONGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (107kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Asiah. 10 010101 114. “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SDN 8 Mandonga Kota Kendari”. Melalui bimbingan . Drs. Herman, M.Pd.I dan Wa Muna, S.Ag. M.Pd.I. Upaya meningkatkan minat belajar sangat penting untuk dilakukan guna mendorong kemauan dan semangat belajar siswa. Minat belajar terbentuk melalui interaksi individu dengan objek yang diminatinya. Bila intensitas interaksi siswa dengan objek yang diminati berlangsung dalam suasana yang baik dan mengesankan maka siswa akan menaruh minat pada objek tersebut. Dari sini dapat dipahami bahwa guru agama Islam memiliki peran penting dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran PAI. Melalui penelitian ini penulis ingin mengungkapkan peran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam Di SDN 8 Mandonga Kota Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi PAI di SDN 8 Mandonga, bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi PAI di SDN 8 Mandonga, dan apa kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi PAI di SDN 8 Mandonga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tekhnik trianggulasi yaitu trianggulasi tekhnik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SDN 8 Mandonga dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah (1) memperbaiki metode mengajar, (2) menjelaskan urgensi materi pelajaran bagi siswa, (3) menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman siswa, (4) menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Peran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 8 Mandonga adalah sebagai berikut: (1) berperan sebagai pengajar, (2) berperan sebagai pendidik, (3) beperan sebagai pemimpin, (4) berperan sebagai fasilitator pembelajaran, (5) berperan sebagai motivator. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SDN 8 Mandonga meliputi (1) kendala yang bersumber dari siswa, (2) kendala ketersediaan sarana dan prasarana yang terbatas, (3) kendala rendahnya kesadaran di lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HERMAN DAN WA MUNA
Uncontrolled Keywords: GURU PAI, MINAT BELAJAR SISWA, BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:27
Last Modified: 09 Oct 2017 01:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item