PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 KONAWE SELATAN KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN

LINCE INDRAWATI, NIM. 08 01 01 01 033 (2014) PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 KONAWE SELATAN KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK LINCE INDRAWATI, NIM 08010101033 “Pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Terhadap Hasil Belajar Sisiwa di SMA Negeri 5 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan” melalui bimbingan Bapak Drs. H. Moh. Yahya Obaid, M. Ag dan Bapak Nurdin Karim, S. Ag, M. Pd Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ; (1) bagaimana penerapan MBS di SMA Negeri 5 Konawe Selatan ? (2) bagaimana hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 Konawe selatan ? (3) adakah pengaruh MBS terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 Konawe Selatan ? Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 106 orang dan sampel sebanyak 32 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, angket, selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 5 Konawe Selatan berada pada kategori Baik dengan interval 61-80 %. Selanjutnya hasil belajar siswa berada pada kategori Tinggi dengan interval 61-80 %. Dengan demikian hasil analisis deskripsi diperoleh nilai rata-rata X= 46,28 dan Y= 73,12 dengan persamaan linear sederhana = a + b X (0,126 + 1,62 X) dan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh r= 0,73. Jika diinterpretasi pada nilai rtabel pada taraf α = 0,05 % dimana dk= n-2=30 maka diperoleh rtabel = 0,349. Dengan demikian rhitung ≥ rtabel = 0,73 ≥ 0,349 yang berarti terdapat pengaruh yang positif antara penerapan manajemen berbasis sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Sedangkan nilai koefisien determinannya (r²) adalah sebesar 53%. Nilai determinan di atas, menunjukan hasil belajar siswa sebesar 53% ditentukan oleh pengaruh penerapan manajemen berbasis sekolah, sedangkan sisanya 47% ditentukan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Sedangkan untuk menguji ada pengaruh atau tidaknya hasil penelitian ini, peneliti menggunakan uji F (uji fisher) fhitung ≤ftabel. Untuk signifikan peneliti lakukan menunjukkan bahwa Fhitung = 35,20 ≥ Ftabel = 4,17. Maka hipotesis sistematik Ha (signifikan) Ho (tidak signifikan). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 Konawe Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Yahya Obaid, M. Ag dan Bapak Nurdin Karim, S. Ag, M. Pd
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS),HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:12
Last Modified: 09 Oct 2017 03:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item