DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP SISWA SD NEGERI 3 SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA

Arnita, NIM. 17010104004, A (2022) DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP SISWA SD NEGERI 3 SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (429kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (872kB)

Abstract

ABSTRAK Arnita, NIM. 17010104004, Dampak Penerapan Pembelajaran Online Terhadap Siswa SD Negeri 3 Sawa Kabupaten Konawe Utara, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Melalui bimbingan Dr. Abbas S.Ag, M.A dan Dr. Syahrul M.Pd . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang dampak penerapan kebijakan pembelajaran online di SD. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru-guru, dan Peserta didik di SD Negeri 3 Sawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data melalui reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan serta teknik pengecekan keabsahan data melalui triangulasi teknik, sumber dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Pelaksanaan pembelajaran online melalui WhatsApp terlaksana dengan lancar dan mengikuti aturan pembelajaran sesuai dengan arahan pemerintah dan sesuai surat edaran kemendikbud. 2) dampak yang terjadi akibat penerapan pembelajaran online bermacam-macam yaitu ada dampak negative dan dampak positif, dampak negative terbagi menjadi beberapa: a) anak lebih menikmati jika belajar dari rumah dibandingkan belajar disekolah, b) anak lebih banyak menggunakan smarphone untuk bermain game dibandingkan untuk belajar, dikarenakan ketika pembelajaran online dimulai peserta didik cenderung hanya mementingkan game daripada mengikuti pembelajaran online, c) anak tidak memiliki buku panduan untuk belajar dari sekolah dan hal ini menjadikan anak kurang memahami apa yang disampaikan guru. dampak positif pada penerapan pembelajaran online pada masa pandemi yaitu, a) peserta didik tentunya harus bisa mengeksplorasi teknologi dengan baik agar bisa mengikuti proses pembelajaran online melalui WhatsApp, b) peserta didik lebih mandiri dalam proses pembelajaran online dan lebih banyak menghabiskan waktu dirumah untuk bisa mengikuti proses pembelajaran sehingga mereka melakukan dengan mandiri ketika ada tugas ataupun cara mengirim tugas. Kata kunci: Dampak penerapan pembelajaran online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dampak penerapan pembelajaran online
Uncontrolled Keywords: Dampak penerapan pembelajaran online
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:20
Last Modified: 14 Dec 2022 01:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item