Yusnita, NIM. 18010104037., Y (2022) KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 06 LAONTI KECAMATAN LAONTI KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
SKRIPSI_YUSNITA_COVER_1.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_YUSNITA_BAB I_2.pdf Download (748kB) |
|
Text
SKRIPSI_YUSNITA_BAB II_3.pdf Download (972kB) |
|
Text
SKRIPSI_YUSNITA_BAB III_4.pdf Download (853kB) |
|
Text
SKRIPSI_YUSNITA_BAB IV_5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_YUSNITA_BAB V_6.pdf Download (751kB) |
|
Text
SKRIPSI_YUSNITA_LAMPIRAN_7.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Yusnita, NIM. 18010104037. “Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDNegeri 06 Laonti Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan”. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. St Fatima K. MA., Pembimbing II Rasmi S. Ag, M.SI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Cara belajar peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika. Cara mengatasi belajar kesulitan belajar matematika peserta didik kelas IV di SDN 06 Laonti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan panarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: Kesulitan belajar matematika peserta didik di SDN 06 Laonti disebabkan oleh cara belajar peserta didik yang sulit untuk berkonsentrasi ketika pembelajaran berlangsung, peserta didik tidak bertanya ketika tidak memahami pembelajaran dan peserta didik yang tidak mengulang kembali pembelajaran di sekolah ketika pulang di rumah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika di SDN 06 Laonti disebabkan oleh minat belajar peserta didik, kebiasaan belajar peserta didik, motivasi belajar peserta didik, selain itu lingkungan sekolah juga menyebabkan kesulitan belajar seperti metode yang digunakan oleh guru, sarana dan prasarana yang digunakan tidak memadai, kemudian lingkungan keluarga juga menyebabkan kesulitan belajar karena orang tua yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat mendampingi anaknya belajar, dan memotivasi untuk belajar. Cara mengatasi kesulitan belajar dengan megadakan program belajar tambahan yang diadakan oleh guru seminggu 1 kali hal ini dilakukan agar siswa dapat memahami materi yang mereka anggap sulit dan program remidial guru mengadakan program ini 2 minggu 1 kali setelah ulangan harian agar siswa dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Kesulitan Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Matematika ABSTRACT Yusnita, NIM. 18010104037. "Difficulty in Learning Mathematics for Class IV Students of SD Negeri 06 Laonti, Laonti District, Konawe Selatan Regency". Supervised by Supervisor I Dra. Hj. St. Fatima K. MA., Supervisor II Rasmi S. Ag, M.SI This study aims to describe: How to learn students who have difficulty learning mathematics. Factors that cause difficulty learning mathematics. How to overcome learning difficulties in learning mathematics for fourth grade students at SDN 06 Laonti. This study used a qualitative research method with a descriptive approach. The types of data in this study are classified into primary data and secondary data. Data collection methods consist of interviews, observation and documentation which are then analyzed by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the research conducted, it shows that: The difficulty of learning mathematics for students at SDN 06 Laonti is caused by the way students learn which is difficult to concentrate when learning takes place, students do not ask questions when they do not understand learning and students do not repeat learning at school when come home. Factors that cause learning difficulties in mathematics at SDN 06 Laonti are caused by students' learning interests, students' learning habits, students' learning motivation, besides that the school environment also causes learning difficulties such as the methods used by teachers, the facilities and infrastructure used are inadequate, then the family environment also causes learning difficulties because parents are busy working so they don't have time to accompany their children to study, and motivate them to study. The way to overcome learning difficulties is by holding additional learning programs which are held by the teacher once a week, this is done so that students can understand material that they find difficult and remedial programs. study. Keywords: Learning Difficulties of Learners, Learning Mathematics
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Kesulitan Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Matematika |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 01:52 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 01:52 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4004 |
Actions (login required)
View Item |