SIKAP ORANG TUA TERHADAP PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASYARAKAT SUKU BAJO DESA BUAJANGKA KEC. BUNGKU SELATAN KAB. MOROWALI

KARISMA, 17010105043, K (2022) SIKAP ORANG TUA TERHADAP PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASYARAKAT SUKU BAJO DESA BUAJANGKA KEC. BUNGKU SELATAN KAB. MOROWALI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KARISMA, 17010105043, “Sikap Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Masyarakat Suku Bajo Desa Buajangka Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali ”, (DIBIMBING OLEH: Dr. Hj Hadi Machmud M, Pd). Tujuan dari Penelitian ini adalah, untuk mengetahui Sikap orang tua terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini masyarakat Suku Bajo Desa Buajangka Kec. Bungku Selatan Kab. Morowali.Untuk mengetahui bagaimana bentuk pendidikan orang tua masyarakat Suku Bajo terhadap anak usia dini di Desa Buajangka. Untuk mengetahui bagaimana dukungan pemerintah terhadap pendidikan anak usia dini di Desa Buajangka. Metode yang dilakuakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi hasil penelitian menunjukkan bahwa orang Bajo di Desa Buajangka memiliki kearifan lokal yang menjadi modal sosial budaya dalam pemberdayaan masyarakat, yakni bentuk kearifan dan sistem pembelajaran dalam keluarga tanpa mengesampingkan laut, proses belajar mengajar di rumah sejak dahulu kala di terapkan oleh orang tua masyarakat suku bajo sebelum memasukkan anaknya di Sekolah Dasar.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dipergunakan berbagai teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga teknik yaitu Reduksi Data, Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi (Conclusion Drawing atau Verification). Trianggulasi yaitu pengujian keabsahan dengan Trianggulasi sumber, Trianggulasi teknik, Trianggulasi waktu. Dengan menggunakan beberapa informan yaitu para orang tua anak usia dini dan Masyarakat suku Bajoberjumlah 22 orang, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Kepala Desa, Aparat Desa berjumlah 2 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pendidikan orang tua masyarakat suku bajo dengan beberapa pendekatan yaitu otoriter, demokrasi, dan pendidikan orang tua yang keras kebanyakan dari orang tua di Desa Buajangka menggunakan tiga bentuk pendidikan saja jarang dri orang tua menggunakan bentuk pendidikan primisif. Persepsi orang tua masyarakat Suku Bajo masih terdapat banyak orang tua masyarakat Suku Bajo yang masih belum mengerti dalam mendidik anak usia dini dan pentingnya pendidikan anak usia dini, tidak terlalu merespon dengan positif keberadaan PAUD di Desa Buajangka. Dukungan pemerintah terhadap pendidikan anak usia dini di Desa sudah sangat mendukung dengan menyediakan fasilitas sekolah dan mensosialisasikan kepada para orang tua, menyediakan Alat Permainan Edukatif (APE) serta kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tenaga Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan PAUD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah sudah dilaksanakan namun belum berjalan efektif sebagaimana diharapkan. Kata Kunci: Sikap Orang tua, Pendidikan, Anak Usia Dini ABSTRAK KARISMA, 17010105043, “The attitude of parents to the importance of early childhood education in the Bajo Tribe, Buajangka Village, South Bungku District, Morowali Regency.”, (DIBIMBING OLEH: Dr. Hj Hadi Machmud M, Pd). The purpose of this study was to determine the attitudes of parents towards the importance of early childhood education for the Bajo Tribe, Buajikan Village, South Bungku District, Morowali Regency. The purpose of this study is to find out how the form of education of Bajo tribal parents for early childhood in Buajaangka village. to find out how the government supports early childhood education in Buajangka village. The method used in this study is a qualitative research method with an ethnographic approach. The results of the study show that the Bajo people in Buajangka Village have local wisdom which is a socio-cultural capital in community empowerment, namely the form of wisdom and a learning system in the family without ignoring the sea, the teaching and learning process in the community. The house has long been used by Bajo tribal parents before entering their children in elementary school. Data collection techniques in this study used various techniques, namely interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses three techniques, namely Data Reduction, Data Display (Data Display), Conclusion Drawing or Verification. Triangulation is testing the validity with source triangulation, technique triangulation, time triangulation. By using several informants, namely parents of early childhood and the Bajo tribal community totaling 22 people, traditional leaders, religious leaders, village heads, village officials totaling 2 people. The results of this study indicate that the form of parental education of the Bajo tribal community with several approaches, namely authoritarian, democratic, and strict parental education, most of the parents in Buajangka Village use only three forms of education, rarely do parents use primitive forms of education. Perceptions of parents of the Bajo people there are still many parents of the Bajo people who still do not understand in educating early childhood and the importance of early childhood education, do not respond positively to the existence of PAUD in Buajangka Village. Government support for early childhood education in the village has been very supportive by providing school facilities and socializing to parents, providing Educational Game Tools (APE) as well as Education and Training activities for Educators (Teachers) and PAUD Education Personnel at the Education Office. and Regional Culture of Central Sulawesi Province has been implemented but has not run as effectively as expected. Keywords: Parental attitudes, early childhood education.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sikap Orang tua, Pendidikan, Anak Usia Dini
Uncontrolled Keywords: Sikap Orang tua, Pendidikan, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:37
Last Modified: 05 Jan 2023 00:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item