MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DADU PADA ANAK DI TK DHARMA WANITA MAKORO DESA MAKORO KECAMATAN BINONGKO KAB WAKATOBI

LISDA (16010105015), L (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DADU PADA ANAK DI TK DHARMA WANITA MAKORO DESA MAKORO KECAMATAN BINONGKO KAB WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK LISDA (16010105015) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Melalui Media Pembelajaran Dadu Pada Anak di TK Dharma Wanita Makoro Desa Makoro Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi. (Dibimbing Oleh Aliwar S. Ag, M. Pd) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf alphabet melalui kegiatan bermain menggunakan media dadu pada anak di TK Dharma Wanita Makoro Desa Makoro Kec. Binongko Kab. Wakatobi. Dengan subjek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumetasi dan penilaian. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenal huruf alphabet melalui media pembelajaran dadu dapat meningkatkan perkembangan mengenal huruf anak di TK Dharma Wanita Makoro Desa Makoro Kec. Binongko Kab. Wakatobi. Hal ini menunjukkan proses mengenal huruf mengalami perubahan yang sangat baik. Pada siklus I menunjukkan pada kemampuan mengenal huruf alfabet dominan berada pada kriteria ketuntasan 50% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan kemampuan mengenal huruf alfabet berada pada rentang penilaian berkembang sesuai harapan (BSH) dengan kriteria ketuntasan sangat baik. Kemampuan mengenal huruf alfabet melalui kegiatan bermain dadu pada indikator anak dapat mengenal huruf sebanyak 75%, anak dapat menyebutkan huruf sebanyak 75%, anak dapat menunjuk huruf sebanyak 75%, dan anak dapat menempel huruf sebanyak 75%. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa melalui media dadu dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet pada TK Dharma Wanita Makoro Desa Makoro Kec. Binongko Kab. Wakatobi. Kata Kunci: Huruf Alfabet, Dadu ABSTRACT LISDA (16010105015) Improves Ability to Recognize Alphabet Letters Through Dice Learning Media for Children at Dharma Wanita Makoro Kindergarten, Makoro Village, Binongko District, Wakatobi Regency. (Supervised by Aliwar S. Ag, M. Pd) This action research aims to improve the ability to recognize the letters of the alphabet through playing activities using dice media for children at Dharma Wanita Makoro Kindergarten, Makoro Village, Kec. Binongko Kab. Wakatobi. The research subjects are children aged 4-5 years. Data collection techniques used are observation, documentation and assessment. The research process was carried out in two cycles with four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that recognizing the letters of the alphabet through dice learning media could improve the development of recognizing letters for children in Dharma Wanita Makoro Kindergarten, Makoro Village, Kec. Binongko Kab. Wakatobi. This shows that the process of recognizing letters has changed very well. In the first cycle, it shows that the ability to recognize letters of the alphabet is dominant in the 50% completeness criteria or in the sufficient category. In the second cycle, the ability to recognize the letters of the alphabet was in the range of developing as expected (BSH) with very good completeness criteria. The ability to recognize letters of the alphabet through playing dice activities on indicators children can recognize letters as much as 75%, children can name letters as much as 75%, children can point to letters as much as 75%, and children can stick letters as much as 75%. Based on data analysis, it can be concluded that through dice media, it can improve the ability to recognize letters of the alphabet in Dharma Wanita Makoro Kindergarten, Makoro Village, Kec. Binongko Kab. Wakatobi. Keywords: Alphabet Letters, Dice

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Huruf Alfabet, Dadu
Uncontrolled Keywords: Huruf Alfabet, Dadu
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:47
Last Modified: 05 Jan 2023 06:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item