MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE CERAMAH PLUS PADA KELAS V SD NEGERI 3 POPALIA KECAMATAN TOGO BINONGKO KABUPATEN WAKATOBI

SARTINI, NIM: 11010101154 (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE CERAMAH PLUS PADA KELAS V SD NEGERI 3 POPALIA KECAMATAN TOGO BINONGKO KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Sartini,Nim.11010101154, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Ceramah Plus Pada Kelas V SD Negeri 3 Popalia Kecamatan Togo Binongko Kabupaten Wakatobi. (Dibimbing oleh: Dr. Hj. St. Kuraedah, M. Ag., dan Jumardin La Fua, S.Si,M,Si). PeningkatkanhasilbelajarPendidikan Agama IslammuridKelas V SD Negeri 3 Popalia Kecamatan Togo Binongko Kabupaten WakatobimelaluiMetode Ceramah Plussebagai salah satu karya ilmiah bertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarPendidikan Agama Islammuridkelas VSD Negeri 3 Popaliadengan sasaran permasalahan a). Bagaimanakahaktivitas Guru danMuriddalamupaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui metode ceramah pluspadaKelas V SDN 3 PopaliaKecamatan Togo BinongkoKabupatenWakatobi?dan 2). Apakah penerapan metode Ceramah Plus dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Murid padakelasV SDN3PopaliaKecamatan Togo BinongkoKabupatenWakatobi? Sisi kelemahan dunia pendidikan terhadap proses pembelajarannampak kuatnya dominasitenagapendidikterhadap proses pembelajaran, imbas sisi kelemahan dunia pendidikan menjadikan kecenderunganmuridlesuuntukbelajar, peningkatanhasilbelajarjadi lamban, halinidiindikasikandari model pembelajaran yang kurang ideal mengoptimalkan kemampuan murid selaku subyek dan obyek pendidikan bahkan kecenderungan proses pembelajaranmasihindentikkonvensioanaldengan pencapaian hasil belajar beberapa murid memperolehnilai dibawah based line ≤ 65untuk perorangan dan 70 sebagai ketuntasan klasikal. Action Research menempuh teknik pengumpulan data a). Data diambildarihasilbelajar, b).Data diambilmelaluiobservasi proses KBM padaperkembangansiklus yang ada bersama guru kolaborator dan hasil catatan refleksi, c). Data diambildarihasilinstrumenobservasi kegiatan guru, murid, dan kelompok belajar muridyang diberikankepadamuriddan guru, sedangkanpengelolaan data ditempuh dengan analisis hasilrefleksidari prasiklus, siklus I dan II dengan indikator kerja keberhasilanmencapaikategori70%dalamhalinimuriddinyatakanmencapaikeberhasilanbelajarsecaraklasikal, dandikatakan telahmencapaikeberhasilanbelajarsecaraperoranganapabilamuridtelahmendapatkankeberhasilankategori65. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatansecara persentasehasilbelajarPendidikan Agama Islam muridkelas V SD Negeri 3 Popaliamelalui metode ceramah plussebesar 5,81%, dimana siklus I hasil belajar Pendidikan Agama Islammuridkelas V SD Negeri 3 Popalia menunjukkan nilai rata-rata 68,33 setelah diberikan tindakan pada siklus ke II hasil belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai rata-rata72,30 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M. Ag., dan Jumardin La Fua, S.Si,M,Si
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,METODE CERAMAH PLUS
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:49
Last Modified: 11 Oct 2017 06:49
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item