HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS AS-SYAFI’IYAH KOTA KENDARI

NURSALEHA LINDA, NIM. 11 010101 072 (2015) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS AS-SYAFI’IYAH KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Nursaleha Linda. 11 010101 072. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Di MTs As-Syafi’iyah Kendari”. Melalui bimbingan Ibu Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA. dan Bapak Aliwar, S.Ag. M.Pd. Prestasi belajar adalah hasil dari kegiatan belajar. Tinggi atau rendahnya prestasi belajar bergantung pada bagaimana proses belajar itu berlangsung. Agar proses belajar berlangsung optimal tidak cukup dengan hanya mengandalkan kecerdasan akademis. Siswa membutuhkan kecerdasan emosional yaitu kecerdasan dalam mengelola dan mengendalikan emosi. Dengan kecerdasan emosional siswa akan mampu mengatasi segala rintangan yang menghambat proses belajarnya sehingga prestasi belajarnya anak meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah secara empiris terbukti ada hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa di MTs As-Syafi’iyyah Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini meliputi: kecerdasan emosional siswa di Mts Asy-Syafi’iyah Kendari, prestasi belajar siswa di MTs Asy-Syafi’iyah Kendari, hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa di MTs Asy-Syafi’iyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs As-Syafi’iyyah Kendari. Penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 25 orang. Pengambilan data menggunakan teknik angket. Analisis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional siswa MTs As-Syafi’iyah Kendari berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil kategorisasi skor angket, dimana nilai rata-rata = 79,60, nilai tengah (median) = 79, dan nilai yang sering muncul (modus) = 77, ketiga skor tersebut berada pada kategori tinggi. Prestasi belajar siswa MTs As-Syafi’iyah Kendari berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil kategorisasi prestasi belajar siswa, dimana nilai rata-rata (mean) = 80,52, nilai tengah (median) = 81, dan nilai yang sering muncul (mode) = 80, berada pada interval (70-84) dan dapat dikategorikan baik. Dengan demikian, prestasi belajar siswa MTs As-Syafi’iyah Kendari dapat dikategorikan baik. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa di MTs As-Syafi’iyah Kendari. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,597 > 2,069) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kecerdasan emosional (X) dengan pretasi belajar siswa (Y) dinyatakan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA. dan Bapak Aliwar, S.Ag. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL, PRESTASI BELAJAR
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:18
Last Modified: 12 Oct 2017 01:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item