OPTIMALISASI MANAJEMEN PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA KANTOR KEMENAG KABUPATEN KOLAKA UTARA)

Irma Mutmainnah. NIM. 18030103008., I (2023) OPTIMALISASI MANAJEMEN PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA KANTOR KEMENAG KABUPATEN KOLAKA UTARA). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (553kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (555kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Irma Mutmainnah. NIM. 18030103008. Optimalisasi Manajemen Pelayanan Calon Jemaah Haji di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara). Dibimbing oleh: Dr. H. Muhammad Hasdin Has, Lc., M.Th.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara, strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, manajemen pelayanan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara di era pandemi Covid-19 sudah berjalan sebagaimana tugas dan fungsi yang diterapkan di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Kedua, strategi yang digunakan selama pandemi Covid-19 yaitu melakukan sosialisasi ke setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka Utara, melaksanakan manasik mandiri dan menjalin kerja sama dengan calon jemaah haji di setiap kecamatan. Ketiga, faktor pendukungnya yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan, kualitas jaringan yang baik, dukungan stakeholder atau pemerintah setempat dan pembuatan grup WhatsApp, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kualitas jaringan yang kurang baik akan membuat proses penginputan data lambat, adanya data calon jemaah haji yang tidak sinkron dan kelengkapan berkas para calon jemaah haji. Penelitian ini mengindikasikan bahwa semakin optimal pelayanan haji maka semakin meningkat kepuasan jemaah. Kata Kunci: Manajemen, Pelayanan Jemaah Haji, Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Manajemen, Pelayanan Jemaah Haji, Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara, Pandemi Covid-19.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan Jemaah Haji, Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara, Pandemi Covid-19.
Subjects: Manajemen
Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:01
Last Modified: 03 Mar 2023 07:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item View Item