Gaya dan Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Alumni Madrasah dan Non Madrasah

ST. KURAEDAH, S (2022) Gaya dan Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Alumni Madrasah dan Non Madrasah. Al-Ta'dib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 15 (1). pp. 36-53. ISSN 1979-4908

[img] Text
3499-13569-2-PB (2).pdf

Download (612kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gaya dan strategi belajar bahasa Arab mahasiswa alumni madrasah (MA) dan non madrasah (non MA). Penelitian mixed method model concurrent triangulation (campuran kuantitatif dan kualitatif secara berimbang) ini menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiwa alumni MA dan non MA tidak menunjukkan perbedaan signifikan dalam gaya belajar. Mereka menggunakan gaya belajar audio, visual dan kinestetik secara bersama. Demikian juga kecenderungan menjadi seorang pembelajar activist, theorist, pragmatis dan reflector hampir merata berdasarkan kebutuhan belajar mereka. Strategi belajar bahasa Arab mahasiswa alumni MA dan non MA pada beberapa keadaan menunjukkan kesamaan, mereka secara bersama-sama menggunakan strategi kognitif, metakognitif, dan strategi sosial (Oxford & Burry-Stock , 1995). Untuk menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi, alumni non MA lebih banyak menggunakan strategi sosial dengan mencari teman belajar dan mengikuti kelompok belajar daring KATA KUNCI: Alumni madrasah; alumni nonmadrasah; bahasa Arab; gaya belajar; strategi belajar.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Bahasa
Divisions: PEER REVIEW > Jurnal Nasional
PEER REVIEW > Jurnal Nasional
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:14
Last Modified: 17 Apr 2023 04:47
URI: https://digilib.iainkendari.ac.id:80/id/eprint/4592

Actions (login required)

View Item View Item