KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN (ANALISIS TAHLILI QS. LUQMAN AYAT 13-19)

SITI JULAEKAH, Nim: 13020104001 (2017) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN (ANALISIS TAHLILI QS. LUQMAN AYAT 13-19). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SITI JULAEKAH (NIM. 13020104001)“Konsep Pendidikan Anak dalam al-Qur’an” (Analisis Tahlili QS. Luqman ayat 13-19 ), Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Jurusan Ushuluddin, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. (Dibimbing Oleh H. Muhammad Hasdin Has, Lc., M.Th.I) Skripsi ini membahas tentang konsep pendidikan anak dalam al-Qur’an. Mengingat banyaknya problematika pendidikan anak yang dialami para orang tua dalam membina anakanaknya seperti kurangnya perhatian, kurangnya pesan-pesan moral, dan kurangnya memperhatikan pergaulan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan anak dalam QS. Luqman ayat 13-19, mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam QS.Luqman ayat 13-19, mengetahui urgensi pendidikan anak dalam QS. Luqman ayat 13-19. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tahlili yaitu metode yang menjelaskan ayat alQur’an dengan meneliti berbagai aspeknya dan menyikapi seluruh maksud yang terkandung. Data primer bersumber dari QS. Luqman ayat 13-19. Sedangkan data sekunder bersumber dari kitab-kitab tafsir atau penafsirannya, dan kitab-kitab hadis. Baik dalam bentuk kitabkitab aslinya maupun dalam bentuk file-file seperti teks book, jurnal, ataupun artikel yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan anak seharusnya dilakukan sejak usia dini dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam QS. Luqman seperti pendidikan aqidah ibadah, dan akhlak. Diterapkannya pendidikan aqidah agar anak mampu mentaati Allah SWT dan rasul Nya dan tidak menyekutukannya, pendidikan ibadah agar anak mengerjakan shalat, pendidikan akhlak agar anak menghormati kedua orang tuanya, tidak sombong, berperilaku sederhana, dan bersuara yang terkontrol, serta melakukan amar ma’ruf nahi mungkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Muhammad Hasdin Has, Lc., M.Th.I
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN ANAK, AL-QUR’AN
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:19
Last Modified: 19 Oct 2017 01:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item