STRATEGI KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 LAMPOPALA KABUPATEN BOMBANA

NIRMALA, Nim. 08010101191 (2013) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 LAMPOPALA KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
KOVER SKRIPSI.docx

Download (142kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (127kB)
[img] Text
POTO LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Nirmala, Nim: 08010101191, Judul : Strategi Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Lampopala Kabupaten Bombana (dibimbing oleh Bapak Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan Ibu Ir. Hj. Ety Nur Inah, M. Si, selaku Pembimbing I dan Pembimbing II). Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimanakah Strategi Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Lampopala Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Lampopala, sejak bulan November 2012 s/d Januari 2013. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, dan guru. Menurut pengamatan awal peneliti bahwa kualitas guru dikatakan kurang, karena kebanyakan guru kurang bisa membuat perangkat pembelajaran dengan baik dan kurang memamfaatkan penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan tidak sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Sehingga guru mengajar di kelas hanya menyuru siswa menulis dan mengerjakan tugas. Sedangkan kepala sekolah mempunyai strategi dalam upaya meningkatkan kualitas guru disekolah. Untuk mengumpulkan data dalam peneliti ini, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dalam bentuk deskripsi tersebut kemudian dianalisis dengan empat tahap, yaitu: reduksi data, pengorganisasian data, kategori data dan pengolahan data. Hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah pengecekan keapsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, kepala sekolah SDN 1 Lampopala Kec. Rumbia Kab. Bombana memiliki strategi dalam meningkatkan kualitas guru dalam seluruh bidang, terutama dalam upaya peningkatan kualitas penguasaan kurikulum, peningkatan kualitas penguasaan materi, peningkatan kualitas penguasaan metode pembelajaran dan teknik penilaian, peningkatan kualitas kecintaan terhadap tugas dan kedisiplinan. Seperti melakukan sosialisasi, memberikan kesempatan kepada guru mengikuti pendidikan dan pelatihan, mengontol kelengkapan perangkat pembelajaran, melakukan evaluasi terhadap kinerja guru, mensurvei penerapan metode pembelajaran dan teknik penilaian, menjelaskan langka-langka menyusun perangkat pembelajaran, menerima keluhan guru, dan membina kerjasama antara guru dan pegawai sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:30
Last Modified: 31 Oct 2017 08:30
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item