POLA PEMBINAAN AKHLAK GURU AGAMA ISLAM PADA SISWA SMAN I BONEGUNU KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA

NARTIA, NIM : 08010101043 (2012) POLA PEMBINAAN AKHLAK GURU AGAMA ISLAM PADA SISWA SMAN I BONEGUNU KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (33kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN COVER.doc

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (77kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (172kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (56kB)
[img] Text
bab IV skripsi tia.doc

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
daftar nama informan.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR TABEl tiaz.docx

Download (23kB)
[img] Text
pedoma wawancara.doc

Download (27kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK MUSBA, NIM. 08010101165, “ Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Pendidikan Agama Islam di SMA N I Bonegunu Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara.” Program Studi Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Drs. H. Herman, M.Pd.I dan Aliwar, S. Ag., M. Pd Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, metode pengolahan data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data, serta pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi metode dan trianggulasi waktu. Temuan penelitian menyatakan bahwa penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pendidikan Agama Islam di SMA N I Bonegunu telah berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kesiapan para tenaga pendidik yang akan menyampaikan materi, mereka terlebih dahulu menyiapkan perangkat pembelajaran yang tentunya sangat mendukung kegiatan tersebut. Selain itu KTSP ini juga dapat dilihat dari cara penyampaian materi yang dilakukan didalam kelas, dimana peserta didik lebih aktif, dan hal tersebut tentunya sangat relefan dengan tuntutan kurikulum tersebut serta Respon guru PAI yang tanggap terhadap perubahan kurikulum yang merupakan upaya peningkatan kualitas. Penerapan KTSP tentunya diharapkan dapat berlaku disemua lembaga pendidikan, dan dapat pula diterapkan oleh semua tenaga pendidik yang ada pada lembaga pendidikan, tidak terkecuali tenaga pendidik Agama Islam, sebab hal tersebut sangat membantu tenaga pendidik dalam melaksanakan proses pendidikan. Olehnya itu pelaksanaan kurikulum ini hanya dapat berjalan dengan baik manakala didukung oleh tenaga pendidik yang memiliki keinginan, motivasi yang tinggi, serta unsur pimpinan yang memiliki respon baik atas hal tersebut, tidak terkecuali bagi tenaga pengajar yang ada di SMA N I Bonegunu, terutama tenaga pendidikan Agama Islam yang menjadi objek penelitian penulis dalam melihat penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam Pendidikan Agama Islam di SMA N I Bonegunu Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:37
Last Modified: 01 Nov 2017 02:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item