MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS VB DI SD NEGERI 05 BARUGA

RASMAWATI, NIM. 13010104026 NIM. 13010104026 NIM. 13010104026 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS VB DI SD NEGERI 05 BARUGA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rasmawati, nim 13010104026 “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Model Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas VB di SD Negeri 05 Baruga” (dibimbing oleh: Rasmi, S.Ag, M.S.I) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match siswa kelas VB di SD Negeri 05 Baruga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Tanggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian siswa kelas VB SD Negeri 05 Baruga yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis digunakan untuk memperoleh hasil penelitian. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75% siswa telah memperoleh nilai 70 ( KKM) pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar IPS siwa kelas VB SD Negeri 05 Baruga dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil tes awal yang dilaksanakan sebelum tindakan siklus I, siswa yang mencapai nilai KKM 70 adalah 8 orang (40%) dengan nilai rata-rata 58,35, setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 orang (60%) dengan nilai ratarata 70,06, pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang (85%)dengan nilai rata-rata 78. Dari hasil tes penilaian ini diperoleh kesimpulan, bahwa pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rasmi, S.Ag, M.S.I
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPS , MAKE A MATCH
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Nov 2017 03:06
Last Modified: 18 Nov 2017 03:06
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item