Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membina Perilaku Siswa di SMA Negeri 6 Kendari

Septi Purwanti, Nim. 12010101068 (2017) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membina Perilaku Siswa di SMA Negeri 6 Kendari. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIREAN.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Septi Purwanti Nim. 12010101068, Judul Skripsi "Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membina Perilaku Siswa di SMA Negeri 6 Kendari” (dibimbing oleh : Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.) Skripsi ini membahas peran guru Bimbingan Konseling dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 6 Kendari, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) Bagaimana bentuk perilaku siswa di SMA Negeri 6 Kendari (b) Bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 6 Kendari.Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan metode data secara deskriptif kualitatif yakni menggambarkan sekaligus mengkaji kondisi riil obyek penelitian berdasarkan data-data otentik.Dari hasil penelitian diketahui bahwa guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 6 Kendari, sangat berperan dalam membina perilaku siswa dan telah mengfungsikan dirinya sebagai seorang pendidik profesional dengan menggunakan dua cara pertama pola pembinaan dengan membentuk jalur koordinasi dari semua guru, adanya layanan bimbingan dan konseling baik secara pribadi, kelompok, kunjungan rumah maupun dengan alih tangan kasus, dimana sebelumnya perilaku siswa di SMA Negeri 6 Kendari, seperti sekolah umum lainnya terjadi perilaku-perilaku menyimpang seperti suka membolos, alpa, merokok, mengganggu teman, tidak sopan terhadap guru, mumbul, berjudi, minum minuman keras, dan tindakan asusila lainnya. Namun adanya guru bimbingan konseling dan kerjasama semua pihak mampu menangani permasalahan tersebut. Terbukti dengan prestasi siswa dari tahun ke tahun mengalami kemajuan hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara penulis di lokasi penelitian. Sebagai hasil kesimpulan bahwa peran guru bimbingan konseling sangat efektif dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 6 Kendari terbukti dengan ditanganinya masalah-masalah siswa secara tuntas, yakni bukan hanya perilaku menyimpang siswa tetapi juga membantu siswa mengembangkan bakatnya secara maksimal. Kata kunci: Bimbingan, Konseling, Perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Konseling, Perilaku.
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Nov 2017 06:04
Last Modified: 18 Nov 2017 06:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item View Item