MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 5 KENDARI

POPI APSARYANTI, NIM: 13010101059 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 5 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Popi Apsaryanti, Nim. 13010101059. “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kendari” melalui bimbingan Rasmi, S.Ag. M.Si. 1 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui penerapan metode simulasi pada siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di Kelas X 1 1 SMA Negeri 5 Kendari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di Kelas X SMA Negeri 5 Kendari. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,38 dengan persentase ketuntasan sebesar 61,76%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 76,76 dengan persentase ketuntasan sebesar 70,59%. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,88 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 82,35%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas X 1 1 SMA Negeri 5 Kendari dapat dibuktikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rasmi, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SIMULASI
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:35
Last Modified: 28 Nov 2017 02:35
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item