POPI APSARYANTI, NIM: 13010101059 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 5 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Popi Apsaryanti, Nim. 13010101059. “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kendari” melalui bimbingan Rasmi, S.Ag. M.Si. 1 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui penerapan metode simulasi pada siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di Kelas X 1 1 SMA Negeri 5 Kendari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di Kelas X SMA Negeri 5 Kendari. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,38 dengan persentase ketuntasan sebesar 61,76%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 76,76 dengan persentase ketuntasan sebesar 70,59%. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,88 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 82,35%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas X 1 1 SMA Negeri 5 Kendari dapat dibuktikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rasmi, S.Ag. M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SIMULASI |
Subjects: | Filsafat dan Perkembanganya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 02:35 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 02:35 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/751 |
Actions (login required)
View Item |