ERDIN, NIM. 13010103027 (2017) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI MANAJEMEN KERJA BERBASIS RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 (MAN 1)WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (963kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (903kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (894kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (912kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (924kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Erdin. Nim. 13010103027, dengan judul skripsi “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Menajemen Kerja Berbasis Religius di MAN 1 Wakatobi”, dibimbing oleh Dr. H. Pairin, MA Suatu yang luar biasa adalah hasil dari kerja yang luar biasa juga, dunia pendidikan yang ada saat ini hampir tidak ada perbedaan antara sekolah umum dengan sekolah berbasis madrasah dilihat dari guru dan pegawainya sebagai stakeholders di sebuah lembaga pendidikan tersebut. Lembaga pendidikan Islam tidaklah lengkap jika pengetahuan tentang keagamaan pendidik (guru) dan pegawai masih minim. Disinilah letak peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui menajemen kerja berbasis religius. Berdasarkan hal tersebut, melalui penelitian ini penulis ingin mengungkapkan “peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui menajemen kerja berbasis religius di MAN 1 Wakatobi”. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah peran perencanaan, pengawasan dan evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkat profesionalisme guru melalui menajemen kerja berbasis religius di MAN 1 Wakatobi. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif sumber data yang digunakan adalah sumber data Primer dan Sekunder. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menganalisis data dengan pola reduksi, display, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam upaya peningkatan profesionalisme guru melalui menajemen kerja berbasis religius di MAN 1 Wakatobi, kepala madrasah berusaha menjalankan perannya, diantaranya adalah: Peran Perencanaan, yang ditunjukan dengan kemampuan menyusun program, menyusun personalia, menggerakkan staf, guru, dan karywan berdasarkan visi, misi, tujuan madrasah, dan kebutuhan madrasah. Peran Pengawasan, meliputi: Melakukan supervisi, menetapkan alat ukur serta melakukan penilaian. Peran Evaluasi, dilakukan dengan mendorong keikutsertaan guru dalam gugus madrasah melalui musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), serta mendorong guru dalam mengembangkan wawasan dalam kegiatan diklat/ pelatihan-pelatihan bagi guru. Kepala madrasah dalam upaya menjalankan perannya meningkatkan profesionalisme guru melalui menajemen kerja berbasis religius yang meliputi peran perencanaan, pengawasan dan evaluasi adalah dengan melakukan pendekatan suri teladan kepada seluruh warga madrasah antara lain yaitu, pelaksanaan sholat berjamaah, baca tulis al-qur’an (BTQ), kuliah tujuh menit (KULTUM), kebersihan lingkungan, dan berbicara sopan kepada yang lebih dewasa. Tingkat keberhasilan yang dicapai Kepala MAN 1 Wakatobi dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui menajemen kerja berbasis religius di MAN 1 Wakatobi sangat baik. Hal ini telah ditunjukan dengan kemampuan dalam pelaksanaan perencanaan, pengawasan, dan evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui menajemen kerja berbasis religius di MAN 1 Wakatobi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Pairin, MA |
Uncontrolled Keywords: | KEPALA MADRASAH, PROFESIONALISME GURU, DAN MANAJEMEN KERJA BERBASIS RELIGIUS |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 03:09 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 03:09 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/801 |
Actions (login required)
View Item |