ISNAWATI, NIM.12010101019 (2017) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN MATA DIMBA, KEC. WAWONII TIMUR LAUT KAB. KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Isnawati, Nim : 12010101019. Judul: “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Mata Dimba, Kec. Wawonii Timur Laut, Kab. Konawe Kepulaua”.. Pembimbing I, Dra. Marlina Gazali, M.Pd.I. Pembimbing II, Rasmi, S.Ag, M.S.I Penelitian ini bertujuan (1). Mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SDN Mata Dimba, Kec, Wawonii Timur Laut, Kab. Konawe Kepulauan. (2). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Mata Dimba, Kec, Wawonii Timur Laut, Kab. Konawe Kepulauan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan hasil dengan tehnik pengumpulan data, observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dapat ditempuh dengan cara editing data, klasifikasi data, display data, dan vertifikasi data. Uji keabsahan data dengan cara trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Informan dari penelitian ini berjumlah 6 orang terdiri dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VI dan kelas V masing-masing terdiri dari dua orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam sudah maksimal dalam memberikan motivasi pada saat proses pembelajaran, mengkreatifitas diri siswa, mendisiplinkan siswa pada saat berada di ruang lingkup sekolah dan meningkatkan kemandirian kemampuan interaksi pada saat proses pembelajaran. Sedangkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dari empat indikator yang dijelaskan pada upaya guru tersebut belum secara maksimal, hanya indikator motivasi yang menunjukan hasil yang maksimal dalam memandirikan siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam, sedangkan indikator kreatifitas, kedisiplinan, dan interaksi belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Marlina Gazali, M.Pd.I. dan Rasmi, S.Ag, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Guru, Belajar Siswa dan Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 08 Jan 2018 01:12 |
Last Modified: | 08 Jan 2018 01:12 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/888 |
Actions (login required)
View Item |