MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 WAKORUMBA UTARA KABUPATEN MUNA

DEWI SARTIWI, NIM. 08010101018 (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 WAKORUMBA UTARA KABUPATEN MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi sartiwi, Nim 08 010101 018, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Questions Students Have Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara Kabupaten Muna, Dosen pembimbing I DRS. H. Pairin, MA dan Pembimbing II Jumarddin La Fua. S,Si. M,SI Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Wakorumba Utara saat ini masih kurang, dikarenakan guru masih menggunakan strategi/metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran dikelas sehingga suasana belajar membosankan dan satu arah. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan adanya penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi. Dan penggunaan strategi Questions Students Have dapat merangsang aktivitas siswa dalam belajar dan hasil belajar siswa. tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi Questions Students Have dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data yaitu data tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Questions Students Have diperoleh melalui lembar observasi siswa sedangkan data tentang hasil belajar siswa diperoleh dari tes tiap akhir siklus. Dengan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika telah 80 % siswa memperoleh nilai 70, dan indikator proses pembelajaran yang disajikan oleh guru telah mencapai kategori baik melalui penggunaan strategi Questions Students Have Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap tindakan siklus yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Questions Students Have pada semester ganjil khususnya pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara menunjukan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal 66.5 menjadi 72.25 dengan presentase peningkatan 8.64%. namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80%. siswa memperoleh nilai 70. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus II meningkat dibandingkan dengan rata-rata siswa pada siklus I yaitu 72.25 menjadi 79.71 dengan presentase peningkatan sebesar 10.33 % dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 89.28 % siswa telah mendapat nilai minimal 70. Kata kunci: Questions Students Have, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. H. Pairin, MA dan Pembimbing II Jumarddin La Fua. S,Si. M,SI
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Questions Students Have, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:19
Last Modified: 22 Jan 2018 07:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item