PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELUARGA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 KONAWE SELATAN KABUPATEN KONAWE SELATAN

ALVIANA. 15010101042, A (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELUARGA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 KONAWE SELATAN KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ALVIANA. 15010101042. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Keluarga Broken Home Di SMA Negeri 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan. (dibimbing oleh Dr. Supriyanto M.A) Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Islam Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa keluarga broken home SMA Negeri 1 konawe Selata Kabupaten Konawe Selatan. Dengan permasalahan (a) Bagaimana peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa keluarga broken home di SMAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan, (b) Bagaimana kondisi belajar siswa keluarga broken home di SMAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa keluarga broken home di SMA Negeri 1 Konawe Selatan, kondisi belajar siswa keluarga broken home Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi, kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa-siswa keluarga broken home. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar keluarga broken home yaitu guru sebagai motivator, yang akan selalu memberikan motivasi untuk siswa-siswa keluarga broken home, guru sebagai pembimbing, dimana guru memberikan bimbingan yang penuh terhadap siswa agar bisa mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, selanjutn guru sebagai orang tua kedua untuk siswa yang selalu memberikan perhatian serta kasih sayang terhadap siswa-siswi keluarga broken home tanpa membeda-bedakan siswa yang lainnya. Kemudian Kondisi siswa yang mengalami kesulitan belajar keluarga broken home SMA Negeri 1 Konawe Selatan yaitu kesulitan gangguan belajar seperti kurang fokus dalam menerika pelajaran dan itu difaktorkan karena adanya beban fikiran yang mengganggu siswa, dan kesulitan kelambatan belajar yaitu siswa yang memilih untuk diam ketika proses pembelajaran tidak mengajukan pertanyaan tentang apa yang tidak dipahami sehingga siswa tersebut tertinggal pelajaran oleh teman-teman lainnya. Kata kunci : Peran guru, siswa kesulitan belajar, keluarga broken home

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peran guru, siswa kesulitan belajar, keluarga broken home
Subjects: Agama
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Mar 2020 01:15
Last Modified: 10 Mar 2020 01:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item