“Penerapan Stategi Quantum Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsS Al-Aqsa Kecematan Latambaga Kabupaten Kolaka”.

SULFIKAT ALAM, Nim. 14010101082 (2018) “Penerapan Stategi Quantum Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsS Al-Aqsa Kecematan Latambaga Kabupaten Kolaka”. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SULFIKAT ALAM, NIM. 14010101082. ”Penerapan Strategi Quantum Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-qur’an Siswa Kelas VII MTsS Al-Aqsa Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka”, melalui bimbingan Ibu Rasmi, S.Ag, M.SI Penelitian ini bertujuan : 1). Mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Quantum Learning, 2). Mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Quantum Learning, 3). Meningkatkan hasil baca tulis Al-qur’an di MTsS Al-Aqsa Induha Khususnya pada kelas VII melalui strategi Quantum Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya memuat bebrapa langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 19 orang siswa tahun ajaran 2017/2018. Adapun masalah yang dikemukakan adalah Apakah Penerapan Strategi Quantum Learningdapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsS Al-aqsa Kec. Latambaga Kab. Kolaka. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi terhadap guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa tiap siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa yang memperoleh nilai setelah mencapai 80%. Aktivitas siswa telah mencapai 80% Tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa mencapai 85,5% Tinggi sedangkan aktivitas guru 100% terlaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi Quantum Learning. Berdasarkan hasil tes secara tertulis yang dilakukan pada setiap akhir siklus adalah pada pelaksanaan tes memperoleh nilai berjumlah 4 orang siswa dan ketuntasan secara klasikal sebesar 21% dengan rata-rata nilai hasil belajar 70,25. Tindakan siklus I siswa yang memperoleh nilai 70 berjumlah 12 siswa dan ketuntasan secara klasikal sebesar 63% dengan ratarata nilai hasil belajar 76,5. Tindakan siklus II siswa yang memperoleh nilai berjumlah 17 siswa dan ketuntasan secara klasikal sebesar 89% dengan rata-rata nilai hasil belajar 85,5. Berdasarkan hasil penelitian baik dari proses maupun hasil evaluasi disimpulkan bahwa hasil belajar Baca Tulis Al-Qur’an pada MTsS Al-Aqsa Induha Khususnya kelas VII dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan strategi Quantum Learning dengan materi mengenal bacaan Al-Qamariyyah dan Asyamsiyyah, memahami makhorijul huruf dan Membedakan makharijul huruf Al Jauf, Al Halq, Asy-Syafatain dan Lisan. Untuk itu peneliti menyarankan kepada guru agar mau menggunakan strategi ini sebagai alternative dalam meninggatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rasmi, S.Ag, M.SI
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, Quantum Learning,
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Jan 2019 01:22
Last Modified: 23 Jan 2019 01:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item