MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBASIS MEDIA MANIPULATUF DI SDN 04 WOLASI KABUPATEN KONAWE SELATAN

Putry Damayanti. NIM. 16010104005., P (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBASIS MEDIA MANIPULATUF DI SDN 04 WOLASI KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTARAK BAB 1.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putry Damayanti. NIM. 16010104005. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Media Manipulatif di SDN 04 Wolasi Kabupaten Konawe Selatan. Dibimbing oleh : Muh. Syarwa Sangila, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif pada kelas IV SD Negeri 04 Wolasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wolasi yang berjumlah 20 orang. Desain penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokomentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wolasi. Peningkatan presentasi hasil belajar peserta didik pada ketuntasan KKM dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan mencapai 35% dengan nilai rata-rata 52,8, pada siklus I mencapai 65% dengan nilai rata-rata 64,75, pada siklus II mencapai 90% dengan nilai rata-rata 74,75, dan pada siklus III mencapai 100% dengan nilai ratarata 77,4. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra tindakan ke siklus I sebesar 85,71%, siklus I ke siklus II sebesar 38,46%, dan siklus II ke siklus III sebesar 11,11%. Kata kunci: Realistic Mathematic Education (RME), Media Manipulatif, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Realistic Mathematic Education (RME), Media Manipulatif, Hasil Belajar Matematika.
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME), Media Manipulatif, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:44
Last Modified: 02 Nov 2020 06:44
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item