ANALISIS KESULITAN BELAJAR FISIKA KONSEP GERAK LURUS PADA PESETA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KONAWE SELATAN

RINI PUTPITA SARI, NIM: 17010109005., R (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR FISIKA KONSEP GERAK LURUS PADA PESETA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RINI PUTPITA SARI, NIM: 17010109005. Analisis Kesulitan Belajar Fisika Konsep Gerak Lurus pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan (Dibimbing oleh: Dr. Abdul Kadir, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fisika di kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. (2) mengetahui tingkat pemahaman peserta didik pada konsep Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. (3) mengetahui bentuk kesulitan belajar peserta didik pada konsep Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. (4) mengetahui upaya guru Fisika mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada konsep Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Data pelaksanaan pembelajaran Fisika diperoleh melalui lembar observasi dan wawancara guru dan peserta didik. Data tingkat pemahaman peserta didik diperoleh melalui hasil tes dan wawancara guru dan peserta didik. Data bentuk kesulitan belajar diperoleh melalui hasil tes dan wawancara guru dan peserta didik. Sedangkan data upaya guru Fisika mengatasi kesulitan belajar peserta didik diperoleh melalui wawancara guru Fisika. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Konawe Selatan cukup baik, namun masih ada beberapa kekurangan yaitu belum terlaksanakanya aspek pelaksanaan pembelajaran dengan efisien baik dari guru maupun peserta didik. (2) tingkat pemahaman peserta didik pada konsep Gerak Lurus dibagi dalam 3 golongan yaitu paham konsep, miakonsepsi dan tidak paham konsep. (3) bentuk kesulitan belajar peserta didik pada konsep Gerak Lurus terdapat pada pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan menyelesaikan soal-soal. (4) upaya yang dilakukan guru Fisika untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik konsep Gerak Lurus yaitu; menggunakan media pembelajaran yang menarik, membagikan buku cetak kepada peserta didik, memberikan tambahan jam pelajaran atau bimbingan belajar, memberikan pengajaran perbaikan (remedial), dan memberikan motivasi kepada peserta didik. Dengan demikian, terdapat kesulitan belajar Fisika konsep Gerak Lurus pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Fisika, Konsep Gerak Lurus, Kesulitan Belajar Peserta Didik, Upaya Guru Fisika Mengatasi Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Konsep Gerak Lurus, Kesulitan Belajar Peserta Didik, Upaya Guru Fisika Mengatasi Kesulitan Belajar
Uncontrolled Keywords: Konsep Gerak Lurus, Kesulitan Belajar Peserta Didik, Upaya Guru Fisika Mengatasi Kesulitan Belajar
Subjects: Fisika
Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:03
Last Modified: 24 Nov 2020 03:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item