PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMABAR DENGAN MEMBACA NYARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 1 SD NEGERI 92 KENDARI

Nurwin Somun. NIM. 18010104103., N (2023) PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMABAR DENGAN MEMBACA NYARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 1 SD NEGERI 92 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (755kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (833kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (967kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (623kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurwin Somun. NIM. 18010104103. Penggunaan Media Cerita Bergamabar Dengan Membaca Nyaring Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas 1 Sd Negeri 92 Kendari. Dibimbing oleh :Dra. Marlina, M.Pd.I dan Karim, M.Hum. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatakan kemampuan membaca dengan Penggunaan Media Cerita Bergambar dengan membaca nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas I Sd Negeri 92 Kendari. . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya adalah peserta didik kelas I SD Negeri 92 Kendari yang berjumlah 32 orang siswa. Desain penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, , tes, dan dokomentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cerita bergambar dengan membaca nyaring untk meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk siswa kelas I SD Negeri 92 Kendari. Peningkatan presentasi hasil belajar peserta didik pada ketuntasan KKM dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan mencapai 40% dengan nilai rata-rata 72, pada siklus I mencapai 59% dengan nilai rata-rata76,1, pada siklus II mencapai 93% dengan nilai rata-rata 87. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra tindakan ke siklus I sebesar 6,29%%, siklus I ke siklus II sebesar 13,9%. Kata kunci: Media cerita bergambar dengan membaca nyaring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Media cerita bergambar dengan membaca nyaring
Uncontrolled Keywords: Media cerita bergambar dengan membaca nyaring
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:18
Last Modified: 14 Feb 2023 02:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item View Item